Benarkah Cokelat Membuat Anjing Keracunan?


PertaniankuBagi manusia, coklat merupakan makanan yang sangat lezat mengasyikan dan hampir tidak bermasalah pada kesehatan. Bila kebanyakan coklat dapat berdampak pada bobot tubuh bertambah dan merusak gigi. Namun, bagi anjing peliharaan, ternyata coklat sangat berbahaya. Hal itu karena coklat mengandung zat kafein dan zat theobromine. Zat theobromine merupakan zat yang sangat beracun untuk anjing kesayangan. Banyak orang meremehkan dan tetap memberikan coklat sebagai snack pada anjing peliharaannya. Mereka biasanya bilang, “Anjing saya sudah terbiasa dan sangat doyan dengan coklat, tetapi tidak pernah ada masalah”. Padahal, setiap tahun, khususnya di Amerika Serikat banyak kasus kematian anjing yang dilaporkan yang disebabkan oleh coklat.

Anjing Keracunan Cokelat

Anjing yang keracunan coklat terserang sakit perut yang luar biasa dan biasanya disertai dengan muntah-muntah darah. Muntahannya biasanya berbau coklat. Kemudian anjing akan mengeluarkan cairan liur yang berlebihan, gelisah, dan sulit untuk berdiri atau berjalan karena tubuh terasa kaku dan kejang. Rasa haus akan meningkat padahal air liur terus keluar. Anjing akan minum terus sampai kemudian muntah lagi.

Kalau tidak segera diberi pertolongan, keadaan anjing akan menjadi lebih parah, seperti meningkatnya pernapasan, otot kejang, tubuh kaku, air kencing mengandung darah, gusi membiru, kejangkejang, dan akhirnya mati. Tidak ada obat yang bisa menawarkan racun coklat. Biasanya oleh dokter anjing hanya diinfus dan diberi tambahan oksigen agar anjing dapat bertahan sampai racun coklat tersebut hilang dengan sendirinya.. Nah, kalau sudah tahu bahwa coklat ternyata sangat berbahaya buat anjing, dari sekarang hentikan kebiasaan memberi coklat pada anjing.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...