Benarkah Ikan ini dapat Melompat


Pertanianku – Ikan yang satu ini merupakan penghuni habitat blackwater, yaitu habitat dimana terdapat vegetasi rapat, jalinan akar yang ruwet dan serasah dedaunan, serta air berwarna kecoklatan yang asam. Ikan ini diketahui suka bermigrasi ke hulu dan daerah hutan yang banjir untuk bereproduksi.

Benarkah Ikan ini dapat Melompat

Ikan marbled hatchetfish atau yang memiliki nama ilmiah Carnegiella strigata yang tersebar luas di sungai Amazon. Persebaran ikan ini meliputi Brazil, Bolivia, Peru, Kolombia, sungai Rio Orinoco di Venezuela. terdapat kemungkinan bahwa ikan ini juga berada di Guyana dan Suriname.

Ikan yang memiliki ukuran 3 cm ini dapat melompat keluar dari air dengan menggunakan otot sirip pektoralnya saat ikan ini sedang terancam predator. Sirip pektoral yang panjang digunakan saat melompat keluar. Peneliti mengungkapkan bahwa ikan ini hanya mampu melompat sekali atau dua kali, karena saat melompat ikan sangat membutuhkan banyak energi.

Marbled hatchetfish sangat cocok dipelihara dalam aquascape dengan substrat gelap dan beberapa tanaman mengambang karena ikan ini biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya di bagian atas akuarium. Potongan kayu dan serasah dedaunan juga dapat ditambahkan. Serasah dedaunan berguna untuk pembentukan mikroba yang nantinya akan membantu proses dekomposisi. Pastikan pergerakan air dalam kondisi lembut, akuarium juga harus ditutup karena ikan ini akan melompat bila terkejut.

Pakan alami marbled hatchetfish adalah zooplankton dan invertebrata, di alam bebas, ikan ini biasa mencari makan di dalam air dan juga di dekat permukaan air. Di akuarium ikan ini dapat diberi pakan kering namun pakan hidup juga harus diberikan, seperti artemia, naupili, moina, daphnia, bloodworm, dan lainnya. Namun, berikan juga serangga kecil, seperti nyamuk atau semut.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kutu Jarum pada Ikan Hias