Benarkah Kenari Tidak Boleh Disemprot Saat Dimandikan?


Pertanianku – Memandikan kenari sebaiknya di tempat mandi khusus atau memindahkannya ke sangkar lain yang sebelumnya telah diberi tempat mandi. Memandikan kenari dalam sangkar sebaiknya dihindari karena sangkar cepat rusak dan dikhawatirkan kenari akan menggunakan air minumnya untuk mandi saat dijemur.

Sebab-sebab kenari kurang terampil

Cara memandikan kenari dengan disemprot menggunakan sprayer dampaknya kurang baik karena mental keberaniannya sulit berkembang, bulunya mudah rusak, dan kenari belum tentu dapat mandi dengan puas. Pada akhirnya, kenari tersebut selalu menggunakan air minumnya untuk mandi dan hal ini pasti merugikan kalau terus dibiarkan.

Waktu yang tepat memandikan kenari yaitu sore hari agar pagi hari berikutnya kenari bisa dijemur dan dibiarkan terus berkicau. Apabila kenari dimandikan pada pagi hari, kemudian dijemur maka kemauannya berkicau akan berkurang. Harus diupayakan, kenari berkicau pada waktu pagi sambil dijemur.

Selain untuk meningkatkan kualitas, kebiasaan itu juga sebagai persiapan menghadapi kontes yang dilakukan pada waktu pagi. Memandikan kenari pada sore hari hanya dilakukan kalau ada panas, yaitu antara pukul 15.00— 16.00. Jika ada panas yang cukup maka bulu kenari menjadi kering. Lain halnya pada kenari yang sedang ganti bulu, sebaiknya dimandikan pagi dan sore hari untuk mempercepat proses ganti bulu, mempercepat tumbuh bulu, dan merangsangnya agar cepat berkicau.

 

Sumber: Buku Kenari

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...