Benarkah Kulit Pisang Baik untuk Tanaman?


Pertanianku — Tahukah Anda bahwa kulit pisang dapat menjadi kompos alami yang baik untuk tanah? Mulai sekarang jangan membuang kulit pisang ke tempat sampah setelah Anda memakan buahnya, karena itu akan berguna.

kulit pisamg
Foto: Pixabay

Kulit pisang juga bagus untuk tanaman yang sekarat karena dapat memberi kehidupan pada tanaman. Sesekali, Anda perlu membuang kulit itu ke tanah. Sama seperti buahnya yang memberi nutrisi pada tubuh Anda, kulit pisang juga bermanfaat bagi tanaman Anda.

Berikut beberapa penjelasan tentang bagaimana manfaat kulit pisang untuk kebun Anda.

  1. Energi tanaman

Sama seperti Anda menyerap energi dari buah pisang sebelum berolahraga, tanaman juga membutuhkan energi semacam itu. Setiap tanaman secara alami akan menyerap nutrisi dari kulit kuning itu dalam hitungan tiga hari.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memotong kulitnya menjadi beberapa bagian. Campur dengan kompos yang biasa Anda gunakan atau Anda bisa langsung mencampurnya dengan sedikit tanah. Kulit pisang kuning ini akan berubah menjadi kompos dalam beberapa hari dan secara otomatis mulai memberi tanaman Anda energi yang cukup untuk tumbuh.

  1. Kompos yang disemprotkan

Anda perlu memotong kulit pisang dan memasukkannya ke semprotan. Tuangkan setengah botol air hangat ke dalamnya sampai botol terisi setengah penuh. Diamkan campuran itu selama sekitar satu minggu.

Pastikan kulitnya difermentasi dan air dimasukkan ke dalamnya. Setelah itu, semprotkan tanaman Anda dengan air fermentasi dari kulit pisang itu. Ini akan memberi mereka energi dan juga tampilan segar pada tanaman Anda. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk memanfaatkan kulit pisang.

  1. Buat pisang kocok

Untuk membuat kompos dengan cepat, campurkan kulit dengan sedikit air hangat, lalu kocok. Saat larutan atau campurannya menjadi dingin, semprotkan pada tanaman.

Baca Juga:  Alasan Hidroponik Perlu Lampu LED
loading...
loading...