Benarkah Lemon Bisa Atasi Penyakit Maag?


Pertanianku Lemon bisa atasi penyakit maag, benarkah begitu? Sejumlah orang yang pernah terkena penyakit maag (gastritis) pasti sudah paham bahwa penyakit ini sangat menyiksa lambung.

lemon bisa atasi penyakit maag
Foto: Pixabay

Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya dianjurkan untuk menjaga pola makan yang seimbang serta menghindari jenis makanan dan minuman tertentu. Banyak yang percaya bahwa salah satu jenis makanan atau minuman yang perlu dihindari adalah yang sifatnya asam seperti lemon.

Namun, ternyata fakta menyebutkan bahwa jenis asam tertentu bisa membantu lambung yang mengalami peradangan untuk lebih cepat pulih. Lemon yang tadinya dianggap sebagai musuh bagi lambung, justru bisa jadi solusi yang aman.

Dikutip dari Hello Sehat, buah lemon kaya akan kandungan asam askorbat dan alkali yang berguna bagi proses penyembuhan gastritis. Asam askorbat adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C. Asam askorbat adalah asam alamiah yang bisa didapatkan dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

Selain asam askorbat, lemon juga bisa menambah mineral alkali dalam tubuh karena sifatnya yang basa. Sebelum dicerna oleh tubuh, lemon memang tergolong asam karena mengandung pH di bawah 7. Namun, ketika lemon sudah dicerna dan masuk ke aliran darah, lemon akan berubah sifatnya menjadi basa dengan pH di atas 7.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, asam askorbat dalam lemon sangat penting bagi lambung. Itu karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan.

Penelitian ini juga menjabarkan bahwa asam askorbat menyimpan zat fitronutrien yang berfungsi untuk melawan bakteri H. pylori, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi pada dinding mukosa lambung. Zat inilah yang membuat lemon memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Baca Juga:  Tanaman Meniran Mampu Dongkrak Daya Tahan Tubuh

Senyawa yang terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi mukus atau lendir yang bertugas untuk melindungi lambung. Caranya, yaitu dengan menyeimbangkan asam klorida (HCl) yang lebih sering disebut asam lambung. Untuk itu, mukus akan sangat bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung.

Karena lemon memiliki khasiat yang baik bagi lambung dengan gastritis, Anda bisa mencoba terapi minum air hangat dengan perasan lemon setiap pagi. Jika dikonsumsi secara rutin, maka nyeri pada lambung dan mual akan mereda.

Membuat air lemon sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu menyiapkan satu buah lemon dan potong setengah atau seperempat. Peras sarinya dan campurkan dengan satu gelas air putih hangat.

Kemudian, Anda bisa langsung meminum air perasan lemon ini atau bisa juga dengan ditambahkan satu sendok teh madu agar terasa lebih manis. Minum air lemon ini setelah Anda bangun tidur di pagi hari, sebelum memulai aktivitas atau berolahraga.

loading...
loading...