Benarkah Madu Bisa Dipakai untuk Menumbuhkan Akar?

Pertanianku — Memperbanyak tanaman dengan cara setek cukup umum dilakukan masyarakat. Akan tetapi, tak jarang akar tidak tumbuh dengan sempurna hingga tanaman tersebut akhirnya tak bertahan hidup. Namun, ada cara unik yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan akar, yakni dengan memanfaatkan madu.

menumbuhkan akar
Foto: Pixabay

Namun, bagaimana cara kerja madu menumbuhkan akar-akar tanaman yang Anda budidayakan? Nah, bila Anda berminat untuk mencobanya, Anda perlu mencampurkan madu pada sejumlah air. Madu yang digunakan sebaiknya madu asli bukan madu hasil olahan atau mendapatkan tambahan zat tertentu pada proses pengemasannya. Berikut ini cara membuat campuran madu untuk mempercepat pertumbuhan akar

Komposisi yang digunakan adalah 1:3. Tambahkan 1 bagian madu ke dalam 3 bagian air yang telah dididihkan dan didinginkan. Aduk sampai tercampur merata. Lalu, masukkan ke wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang kering tapi tidak terkena cahaya matahari langsung.

Loading...

Berikut ini cara menumbuhkan akar tanaman dengan menggunakan madu.

  1. Siapkan tanaman

Panjang batang tanaman yang akan ditanam adalah sekitar 15—30 cm. Potongan harus memiliki sudut kemiringan 45 derajat, yaitu ujung batang yang akan ditancapkan pada media tanam adalah runcing.

  1. Siapkan media tanam

Media tanam yang bisa Anda gunakan, yakni berbasis tanah atau nontanah. Jika Anda menggunakan media tanam tanah, buatlah lubang dengan pensil atau jari tangan Anda. Pastikan media tanam Anda gembur dan lembap.

Jika Anda menggunakan media tanam rockwool, jenuhkan dulu rockwool dengan air sebelum digunakan. Pastikan ukuran rockwool dan lubang pada rockwool dapat menopang tanaman tadi.

  1. Penanaman

Celupkan ujung batang tanaman ke dalam campuran madu tadi, kemudian tanamlah di media tanam yang telah disiapkan. Anda juga dapat menutup media tanam dengan plastik yang diberi lubang udara untuk menghindari gangguan hama. Untuk media tanam air, segera setelah mencelupkan ujung batang pada madu, lalu letakkan di media tanam air.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Cacing untuk Membuat Vermikompos yang Paling Tepat
Loading...
Loading...