Benarkah Makanan Organik Tak Lebih Baik dengan Non Organik

Pertanianku – Berbagai jenis makanan organik mulai dari sayuran, buah, dan daging berlabel organik dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan makanan yang dibudidayakan dengan cara non organik.

Benarkah Makanan Organik Tak Lebih Baik dengan Non Organik

Terlebih belakangan ini banyak masyarakat yang beralih mengonsumsi makanan organik karena dipercaya lebih menyehatkan dan tidak memiliki efek samping yang akan ditimbulkan seperti mengonsumsi berbagai makanan non organik yang banyak dijual di pasaran.

Loading...

Seperti yang kita tahu bahwa mulai dari sayuran, buah, dan daging yang dibudidayakan secara organik memiliki harga yang cukup mahal. Namun, sepertinya masyarakat rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan apusan makanan yang sehat.

Beberapa para ahli mengatakan bahwa manfaat makanan organik hanya ada di otak kita saja. Masyarakat sudah menciptakan mainset bahwa mengonsumsi makanan organik benar-benar menyehatkan.

Masyarakat percaya bahwa mengonsumsi makanan organik secara otomatis akan mendapatkan manfaat positif pada tubuhnya. Serta mereka juga beranggapan bahwa makanan organik tersebut memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih rendah.

Benarkah Makanan Organik Tak Lebih Baik dengan Non Organik

Sebuah penelitian yang dilakukan skala besar oleh Food Standards Agency di Inggris membuktikan bahwa makanan organik seperti sayuran, buah, daging, telur dan produk unggas lain tak lebih menyehatkan dan bernutrisi dibanding makanan lain.

Kepala peneliti dan Ahli gizi dari London School of Hygiene and Tropical Medicine dr Alan Dangour, memberi komentar “Berubahnya minat masyarakat terhadap produk organik ini menaikkan nilai dan harganya karena dianggap memiliki gizi yang lebih dan lebih menyehatkan.”

Menurut Alan, sejumlah kecil perbedaan nutrisi memang ditemukan dalam makanan organik dan yang tidak, namun tidak terlalu memberi perbedaan berarti dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kajian kami menunjukkan bahwa tidak ada bukti bahwa produk organik memberi efek lebih luar biasa dibanding yang konvensional,” ungkap Alan.

Baca Juga:  Vamas 1, Singkong yang Bisa Ditanam di Lahan Masam

Terlepas dari masalah itu kritik membela produk makanan organik muncur ke publik. Kritik tersebut menyebutkan bahwa makanan non organik lebih membahayakan untuk kesehatan karena ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia seperti pestisida.

 

Loading...
Loading...