Benarkah Memanaskan Sayur Bayam Berbahaya?


Pertanianku – Bayam adalah jenis sayuran hijau yang banyak ditemui. Ada dua jenis bayam, yaitu bayam hijau dan bayam merah yang merupakan keluarga Amaranthaceae. Bayam kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor, kalium, serta zinc.

Benarkah Memanaskan Sayur Bayam Berbahaya

Bayam disebut sebagai sayuran yang baik dikonsumsi segala usia serta membantu melancarkan ASI, menurunkan demam, mengatasi kurang darah, memperkuat fungsi hati, serta membantu mengatasi penyakit ginjal. Sekalipun punya banyak manfaat, tetapi ada beberapa bahaya yang dibawa oleh sayur bayam. Sayur bayam tidak boleh dipanaskan, dan apabila usianya lebih dari 12 jam harus dibuang.

Bayam tinggi kandungan nitrat. Kandungan nitrat ini ditentukan oleh bahan tanah tempat bayam tersebut tumbuh. Semakin besar kandungan nitratnya, semakin besar pula bahayanya. Nitrat dapat berubah menjadi asam nitrat, sejenis cairan korosif yang tidak berwarna, dan merupakan asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar. Nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamin, bahan yang menyerupai zat karsinogen dan dapat menyebabkan kanker.

Perubahan bentuk bahan kimia tersebut dipicu oleh pemanasan suhu, yang terjadi ketika sayur bayam dipanaskan. Apabila dikonsumsi anak-anak atau orang dewasa, akan memengaruhi kemampuan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Umumnya, darah mendadak berhenti membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pada bayi, kondisi ini disebut dengan blue baby syndrome.

Ada tips memasak dan mengonsumsi bayam agar aman untuk tubuh.

  • Cuci bayam hingga bersih, sebelum dimasak untuk menghindarkan efek bahaya lain, seperti penularan bakteri.
  • Karena berbahaya bila dipanaskan, sebaiknya jangan memasak bayam dalam jumlah yang banyak.
  • Pastikan mengonsumsi sayur bayam dengan alat masak berbagan stainless steel yang memperkecil reaksi kimia.
Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...