Benarkah Mencuci Sayuran dengan Air Efektif Menghilangkan Pestisida

Pertanianku – Sebelum memasak biasanya orang mencuci bersih sayuran terlebih dahulu untuk menghilangkan residu pestisida pada sayuran. Namun, apakah itu sudah efektif? Untuk menghilangkan residu pestisida 100% yang menempel pada sayuran memang tidak mudah.

Benarkah Mencuci Sayuran dengan Air Efektif Menghilangkan Pestisida

Efek bahaya pestisida yang menempel pada sayuran dapat menyebabkan gangguan metabolisme hingga kanker, bisakah sayuran dibersihkan hanya dengan air bersih?

Loading...

Konsultan sebuah perkebunan organik di kawasan Bogor, Jawa Barat, BSP Farm, YP Sudaryanto mengatakan, pada beberapa sayuran tertentu yang menggunakan pestisida kontak bisa dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. Namun bagi sayuran yang terpapar pestisida sistemik agak sulit.

“Fungisida (jenis pestisida) kontak yang disemprot atau hanya mengenai bagian terluar sayur masih bisa dicuci. Tapi yang sulit ini sistemik karena cara kerjanya sampai meresap ke akar,” ujar Sudaryanto.

Sayuran yang bisa dibersihkan dengan air misalnya sawi, tomat, dan sayuran lain yang muncul ke permukaan tanah. Sedangkan yang rentan menyerap banyak pestisida seperti bawang merah, bawang putih, bit, wortel, kol sehingga bisa merusak kesehatan.

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh
Loading...
Loading...