Benarkah Menelan Biji Cabai Jadi Penyebab Usus Buntu?

Pertanianku — Terdapat sebuah mitos yang telah lama beredar di kalangan masyarakat tentang bahaya menelan biji cabai karena dapat menyebabkan radang usus buntu. Adanya kepercayaan ini sendiri hingga kini masih beredar di masyarakat dan banyak yang memercayainya.

menelan biji cabai
Foto: Pixabay

Walau begitu, sebuah penelitian mengungkap bahwa kasus usus buntu akibat biji cabai ini merupakan salah satu hal yang sangat jarang terjadi.

“Dalam beberapa kasus, radang usus buntu disebabkan oleh biji atau zat-zat tak tercerna lainnya yang nyasar masuk ke dalam usus buntu. Walaupun begitu, kasus tersebut sangatlah langka. Hanya ada 1 kasus di antara 2.000 kasus,” terang penelitian yang dilansir dari jurnal Nutrifood Research Center ini.

Sangat kecilnya kasus radang usus buntu akibat biji cabai ini disebabkan oleh pertahanan yang dimiliki tubuh. Pencernaan tubuh yang sangat baik membuat biji cabai ini dapat diolah oleh tubuh.

“Hal ini disebabkan tubuh memiliki pertahanan sendiri yang akan membuang sendiri senyawa tak tercerna dalam tubuh sehingga radang usus buntu karena biji tersebut amatlah jarang terjadi,” tulis hasil penelitian.

Lantas, sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama dari radang usus buntu? Radang usus buntu disebabkan oleh cairan feses yang salah ‘belok’ dan terjebak di usus buntu.

Selain itu, penumpukan lendir atau mucus juga bisa menjadi penyebab usus buntu. Baik lendir maupun feses tersebut akan mengeras dan membentuk fecalith atau batu fekal yang kemudian menutup akses ke dalam usus buntu. Lalu berkembanglah bakteri jahat yang kemudian terjebak dan menyebabkan peradangan.

Jadi, selanjutnya kamu tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi cabai karena biji yang ada di dalamnya tidak menyebabkan radang usus buntu. Namun, kamu juga tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas ini.

Baca Juga:  Racun Laba-laba Mematikan Penyelamat Nyawa Penderita Stroke
Loading...