Benarkah Putri Malu dapat Mengatasi Asam Urat

Pertanianku – Saat seseorang terserang penyakit mengonsumsi obat kimia terus-menerus ternyata sangat tidak dianjurkan. Terlebih untuk mengobati penyakit tahunan seperti asam urat, bukan merupakan solusi jangka panjang. Menyikapi hal tersebut Maulida Hayani dan Wahyu Widyaningsih, mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan, mencoba melakukan penelitian terhadap daun putri malu.

Benarkah Putri Malu dapat Mengatasi Asam Urat

Hasilnya pun menakjubkan, putri malu dapat dijadikan obat alternatif untuk membantu mengobati asam urat. Dalam penelitiannya, kedua mahasiswa tersebut menguji ekstrak daun putri malu terhadap penurunan kadar asam urat mencit jantan galur swiss yang di induksi jus hati ayam. Keduanya lalu lalu membagi 25 mencit jantan berbobot 20–30 gram usia 2–3 bulan menjadi lima kelompok. anggota setiap grup 5 ekor.

Loading...

“Pada kelompok pertama saya berikan pakan standar dan akuades sebagai kontrol normal, kelompok kedua saya berikan pakan standar dan jus hati ayam dosis 0,5 ml per 20 gram bobot tubuh 3 kali sehari selama 7 hari. Selanjutnya, hari ke 8 saya berikan larutan Corbyx Methil Cellouse 0,5% supaya mengalami hiperurisemia,” ungkap Maulida.

Selanjutnya dikelompok ketiga, mencit diberikan jus hati ayam dengan dosis sama namun, di hari ke 8 diberikan allupurinol berdosis 10 mg per 20 ram bobot tubuh sebagai kontrol obat. Pada kelompok keempat dan kelima, Maulida memberikan pakan standar, jus hati ayam berdosis dan frekuensi yang sama dengan kelompok sebelumnya. Namun, di hari ke 8 diberikan ekstrak putri malu berdosis masing-masing 0,25 gram dan 0,5 gram per kg bobot tubuh.

Terbukti, kandungan mencit di kelompok empat menjadikan kadar kolesterol turun sebanyak 0,860 mg pada hari pertama dan 1.105 mg pada hari ketiga. Sedangkan untuk mencit pada kelompok lima yang mengonsumsi 0,5 ekstrak putri malu, kolesterolnya turun sebanyak 0,658 mg pada hari pertama dan 1,4 mg pada hari ketiga. “Penyebab turunnya kadar asam urat mencit ini dapat terjadi karena kandungan flavonoid pada putri malu yang sangat ampuh. Beberapa senyawa flavonoid dan alkaloida menghambat kerja xantin oksidase sehingga pembentukan asam urat dalam tubuh pun akan terhambat,” jelas Maulida.

Baca Juga:  Chia Seed, Superfood yang Tengah Naik Daun
Loading...
Loading...