Benarkah Rumput Laut Membuat Panen Buah Lebih Banyak?


Pertanianku – Berbagai cara akan dilakuan oleh petani demi meningkatkan hasil panen, salah satunya dengan menggunakan pupuk cair yang mengandung rumput laut dan tepung ikan. Penggunaan pupuk yang mengandung kedua unsur tersebut dipercaya dapat membuat ukuran buah lebih besar sehingga kualitas buah pun meningkat.

Benarkah Rumput Laut Membuat Panen Buah Lebih Banyak

Menurut ahli pupuk dan nutrisi Universitas Padjajaran, Bandung, Prof Dr Ir Tualar Simarmata, mengungkapkan bahwa rumput laut dan tepung ikan mengandung beragam nutrisi bermanfaat untuk tanaman seperti nitrogen, fosfor, kalium yang tergolong makronutrisi dan mikronutrisi seperti mangan, besi dan klorin. “Nutrisi itu membantu metabolisme tanaman sehingga subur dan berbuah lebat,” ungkap Prof Tualar.

Selain itu, menurut Prof Tualar, pupuk cair yang mengandung rumput laut dan tepung ikan biasanya juga dilengkapi dengan betaine yang berfungsi untuk meningkatkan pematangan buah dan mengandung sitokinin yang bisa meningkatkan daya tahan tanaman terhadap patogen dan cendawan. Prof Tualar menambahkan, rumput laut dan tepung ikan juga mengandung manitol, laminarin dan alginate.

Prof Tualar mengatakan, manitol sendiri merupakan salah satu turunan gula yang berfungsi membantu memacu pertumbuhan akar dan kecambah. Sementara laminarin bertugas melindungi tanaman dari cuaca ekstrem, dan alginate membantu menekan penyebaran penyakit akibat virus.

Namun, secara umum penggunaan pupuk rumput laut dan tepung ikan akan memperluas dan memperdalam pertumbuhan akar yang membuat bakteri patogen tak mampu berkembang. “Dua hal itu akan menyehatkan tanaman sehingga mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan bakteri, cendawan dan virus yang merugikan tanaman,” tutur Prof Tualar.

Baca Juga:  Saatnya Indonesia Dongkrak Daya Saing Kopi
loading...
loading...