Benarkah Salak dapat Dijadikan Obat?

0

Pertanianku – Buah salak tumbuh subur dan mudah ditemukan di Indonesia. Buah dengan nama ilmiah Salacca zalacca, ini memiliki kulit buah yang menyerupai sisik dan berwarna kecoklatan. Daging buahnya sendiri mempunyai warna putih bersih yang di dalamnya terdapat biji bulat berwarna hitam kecoklatan.

Benarkah Salak dapat Dijadikan ObatBuah salak memiliki beberapa manfaat penting, termasuk sebagai obat. Berikut manfaat buah salak

1. Salak bermanfaat untuk obat diare

Jika Anda sering mengalami gangguan masalah perut, seperti diare, cara mengatasinya bisa dengan memanfaatkan buah salak. Mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda akan meringankan diare.

2. Salak bermanfaat sebagai obat mata

Buah salak mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti-oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel. Selain itu, buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit.

3. Daun salak mengobati ambeien

Untuk mengobati ambien, daun salak dapat dimanfaatkan sebagai obat. Caranya mudah, cukup ambil 5 lembar daun salak, dengan 2 gelas air berukuran sedang. Campurkan air rebusan daun salak dengan gula merah. Saring air rebusan tersebut, minum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

4. Kulit salak dapat digunakan untuk pengobatan dan meredakan diabetes serta menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh.

Kupas kulit buah salak secukupnya, dengan air hingga bersih. Masukkan kulit buah salak ke dalam panci berisi air, lalu rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan kemudian dinginkan lalu diminum. Minum ramuan ini minimal 3 kali sehari secara rutin selama 2 minggu.

loading...
loading...