Benarkah Tomat Ampuh Menghalau Kanker?

0

Pertanianku – Banyak masyarakat telah mengetahui bahwa tomat memiliki kandungan gizi yang mampu menghalau berbagai penyakit kanker, jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Untuk itulah, banyak pakar kesehatan menyarankan masyarakat untuk sering mengonsumsinya.

“Tomat mengandung anti-oksidan dalam bentuk likopen (pigmen karetenoid) dan juga anti-inflamasi. Hal ini menunjukkan peran tomat dalam penelitian epidemiologis pengendalian kanker,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE.

“Beberapa yang sudah diteliti di antaranya kanker prostat, kanker paru, kanker pancreas, dan kanker payudara,” tambahnya.

Selain itu, tomat juga dapat melindungi sistem jantung dan pembuluh darah. Sebab, mampu menurunkan kadar kolesteral total, LDL dan pengaruhnya terhadap kadar kolesterol baik dan trigliserida.

“Tomat juga berperan penting dalam anti agregasi. Fitonutrien dalam tomat dalam bentuk chalconaringenin, esculeoside A dan 9-oxo-octadecadienoic,” ungkap Tjandra.

Di samping itu, tomat mudah dicerna dan bagus untuk kesehatan saluran pencernaan. “Walaupun masih terbatas tapi juga ada penelitian yang menghubungkan tomat dengan penurunan terjadinya gangguan syaraf (termasuk alzheimer),” lanjutnya.

Berbagai zat gizi yang terkandung dalam tomat di antaranya vitamin A, C, K, E, B1, B3, dan B6. Kemudian mineral seperti molybdenum, asam folat, fosfor, zinc, choline, asam pantotenat dan zat besi. Vitamin A (dalam bentuk beta karoten) dan mineral biotin dalam tomat baik untuk kesehatan mata. Sementara itu, vitamin C dan air yang terkandung di dalam tomat baik untuk kesehatan tubuh.

Lebih lanjut Tjandra mengungkapkan, tomat pun kaya akan kalium, yang membantu menjaga kesehatan saraf dan zat besi. Kemudian, asam coumaric serta asam klogenat, yang berperan baik bagi saluran pernapasan manusia.

loading...
loading...