Bentuk dan Ukuran Akuarium Arwana


Pertanianku – Kesesuaian perbandingan antara ukuran tubuh arwana dan ukuran akuarium tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan gerak arwana semata. Namun, perbandingan besarnya akuarium dan ukuran tubuh arwana juga berpengaruh pada kesan saat melihatnya.

Bentuk dan Ukuran Akuarium Arwana

Untuk arwana dengan panjang tubuh kurang dari 20 cm, ukuran akuarium yang cocok digunakan yaitu 60 cm x 30 cm x 32 cm atau 80 cm x 40 cm x 3 cm. Untuk ukuran akuarium tersebut, ketebalan kaca yang dibutuhkan sekitar 5 mm. Sementara arwana dengan panjang tubuh lebih dari 20 cm membutuhkan akuarium berukuran 100 cm x 50 cm x 45 cm. Untuk ukuran akuarium tersebut dibutuhkan kaca dengan ketebalan sekitar 8 mm.

Adapun arwana dengan ukuran lebih dari 45 cm membutuhkanakuarium berukuran 120 cm x 60 cm x 55 cm. Untuk ukuran akuarium tersebut dibutuhkan kaca dengan ketebalan sekitar 10—12 mm. Sementara arwana berukuran lebih dari 80 cm membutukan akuarium berukuran 200 cm x 100 cm x 75 cm dengan ketebalan kaca 30 mm atau menggunakan kaca fiber.

Akuarium hendaknya terbuat dari kaca yang bening. Untuk menampilkan efek khusus, gunakan kaca bening kebiruan atau kehijauan. Sementara untuk kerangka akuarium, bisa dipilih sesuai selera. Saat ini, banyak akuarium yang diberi kerangka dengan aneka ragam bentuk, mulai dari meja penyangga hingga berbentuk buffet.

 

Sumber: Buku Arwana

Baca Juga:  Tingkatkan Potensi Ikan Hias Lewat Nusantara Aquatic (Nusatic)
loading...
loading...