Beracun tapi Kaya Manfaat, Ini Dia Buah Bintaro


Pertanianku — Tahukah Anda tentang buah bintaro? Bentuk buah ini mirip dengan buah mangga. Walaupun bentuknya mirip mangga, buah bintaro sebenarnya sangat berbeda dengan mangga. Buah ini beracun, tapi kaya manfaat. Kira-kira apa saja manfaat dari tanaman buah bintaro?

buah bintaro
Foto: Google Image

Walaupun buahnya beracun, pohon bintaro sering ditanam sebagai peneduh jalan. Pohon yang selalu rindang sepanjang tahun ini mudah tumbuh dan dan tidak memelukan perawatan khusus.

Daunnya berbentuk lonjong, agak mirip daun mangga. Buahnya pun berbentuk mirip mangga. Awalnya, pohon ini banyak tumbuh di pesisir laut. Karena itu, ada pula yang menyebutnya sebagai mangga laut.

Di balik kulit buah bintaro yang mirip mangga itu justru tidak ada daging buah yang manis. Lalu apa? Di dalamnya ada serabut yang melindungi biji buah tersebut. Jangan pernah memakan buah bintaro karena sangat beracun.

Racun cerberin dalam buah bintaro dapat membahayakan nyawa. Buah ini memiliki nama ilmiah Cerbera manghas yang terinspirasi dari Cerberus. Cerberus adalah nama anjing penjaga pintu neraka berkepala tiga dalam mitologi Yunani.

Racun pada buah bintaro sebenarnya telah lama diketahui oleh manusia. Dahulu, racun itu digunakan untuk memoles ujung panah pemburu.

Buah bintaro juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus yang biasanya menjadi hama tanaman. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan meletakkan buah bintaro di tempat-tempat yang sering didatangi tikus, maka tikus-tikus pun tidak akan ada yang berani mendekat.

Selain mengandung racun, biji buah bintaro mengandung minyak. Nah, minyak biji bintaro ini dapat digunakan sebagai pengganti minyak tanah.

Setelah diuji, asap dan bau hasil pembakaran minyak bintaro tergolong aman. Dengan begitu, bintaro yang berbuah sepanjang tahun itu dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Bibit Kakao Unggul