Beragam Hama pada Ikan Mas


Pertanianku — Tak hanya penyakit, hama pada ikan mas pun beragam. Berbagai gangguan dapat menyebabkan ikan yang satu ini mengalami penurunan kualitas dan kuantitas budidaya. Hama dapat menyebabkan berbagai penyakit, sampai dengan kematian.

hama pada ikan mas
Foto: pixabay

Berbagai hama pada ikan mas dibedakan menjadi pemangsa, pesaing, dan pengganggu. Hama pemangsa akan menyerang ikan mas secara langsung. Hama pesaing akan mengambil sumber daya dan mengganggu tumbuh kembang ikan. Sementara, hama pengganggu dapat merusak habitat tumbuh ikan.

Bebeasan (Notonecta)

Bebeasan merupakan predator benih ikan. Ia termasuk jenis serangga air. Ukuran tubuh bebeasan kecil dan mirip beras. Kata bebeasan sendiri merupakan bahasa Sunda untuk serangga yang memiliki nama Latin Notonecta SPP. Bebeasan bisa menusuk mangsa dan menghisap cairan tubuh ikan sehingga benih menjadi lumpuh.

Ucrit (larva cybister)

Hama ini memiliki beberapa juluka yang berbeda. Ucrit sendiri merupakan bahasa Sunda. Di Sumatera Barat, ucrit disebut limpatiak atau sapik-sapik. Hama ini merupakan predator benih ikan. Mangsa utamanya adalah benih yang masih berukuran 1—3 cm. Ucrit memiliki taring untuk menjepit tubuh ikan. Selanjutnya, mangsa akan dilumpuhkan dengan ekornya yang bercabang dua.

Kini-kini

Larva capung ini juga merupakan hama bagi ikan. Sama seperti ucrit, kini-kini juga memangsa benih ikan yang masih kecil.

Ikan gabus

Ikan gabus suka memangsa ikan jenis lainnya, termasuk ikan mas. Ikan gabus mampu berjalan di daratan dan bisa bertahan cukup lama tanpa air. Biasanya, ia memangsa ikan yang berukuran lebih kecil. Benih ikan adalah mangsa utama ikan gabus.

Belut

Belut merupakan hama pengganggu. Meskipun demikian, ia juga bisa memangsa ikan mas. Biasanya ia akan merusak pematang dengan membuat lubang pada kolam. Biasanya, belut akan keluar pada malam hari.

Baca Juga:  Teknologi Kamera Canggih Melindungi Orangutan

Burung

Burung, utamanya burung pemangsa, merupakan predator ikan budidaya. Ia memangsa anak ikan atau benih yang masih kecil. Meskipun demikian, ikan dewasa juga tidak luput dari serangan hama ini. Burung yang terbang rendah di atas kolam biasanya siap mengambil ikan-ikan.

Kepiting

Sama seperti belut, kepiting juga bisa merusak pematang atau tanggul kolam dengan cara melubangi bagian kolam. Kolam yang bocor akan mengganggu pertumbuhan ikan mas. Selain itu, ia juga bisa menjadi pemangsa ikan mas.

Kodok

Kodok dapat memangsa benih ikan. Kodok biasanya menyukai ikan kecil atau ikan yang baru ditebar. Selain itu, hewan amfibi ini juga memakan telur-telur ikan.

Ular

Tak hanya kodok, ular juga memangsa benih ikan.

Linsang

Linsang dikenal juga sebagai berang-berang. Ia suka memangsa semua jenis ikan. Tak hanya benih atau ikan berukuran kecil, ikan berukuran besar juga jadi mangsa linsang. Ia biasanya melakukan aksinya di malam hari. Sasaran utamanya adalah kolam yang dekat dengan rawa, telaga, danau, atau sungai.

loading...