Beragam Khasiat dari Secangkir Teh Rosela

Pertanianku — Rosela yang semula hanya menjadi tanaman liar, kini sudah dikenal menjadi salah satu tanaman yang mampu mengobati berbagai penyakit. Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah bunganya. Bunga rosela bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun dikeringkan terlebih dahulu, lalu diseduh menjadi teh. Teh rosela mengandung kalsium, niasin, riboflavin, vitamin C, dan zat besi.

teh rosela
foto: Pixabay

Teh rosela memiliki rasa yang khas, seperti ada aroma bunga dan rasa asam. Aromanya tak kalah segar dari teh sesungguhnya. Berikut ini beberapa khasiat dari secangkir teh rosela yang perlu Anda ketahui.

Batuk pilek

Bunga rosela segar mengandung sekitar 6,7 mg asam askorbat (suatu bentuk vitamin C) yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Sebagai tambahan dari nutrisi penting ini, rosela juga memiliki kemampuan antiperadangan dan antibakteri.

Selain mengandung sejumlah besar asam askorbat, rosela juga terdiri atas berbagai nutrisi, di antaranya protein 1,145 gram, lemak 2,61 gram, serat 12 gram, kalsium 1,263 miligram, fosfor 273,2 miligram, zat besi 8,98 miligram, karoten 0,029 miligram, tiamin 0,117 miligram, riboflavin 0,277 miligram, dan niasin 3,765 miligram.

Kandungan asam askorbat yang ada di dalamnya menjadikan teh rosela sering dimanfaatkan sebagai suplemen untuk mengobati batuk dan pilek. Selain itu, efek mendinginkan yang ada pada rosela, menambah manfaat teh rosela untuk meringankan demam.

Berat badan

Tubuh menghasilkan enzim yang disebut amilase yang berfungsi untuk memecah gula kompleks dan molekul pati dalam makanan. Rosela mengandung zat yang bisa menghambat produksi amilase sehingga membantu mencegah terlalu banyak penyerapan karbohidrat. Hasilnya, kenaikan berat badan bisa dicegah.

Tekanan darah tinggi

Kemampuan antihipertensi teh rosela telah diuji dalam sebuah studi yang melibatkan 70 partisipan. Sebanyak 35 responden meminum teh rosela sekali sehari. Sementara itu, 35 responden lainnya meminum obat antihipertensi sebanyak 25 mg dua kali sehari.

Baca Juga:  Daun Sukun Pelindung Jantung

Setelah sebulan, 79 persen peminum teh mengalami penurunan tekanan darah sebanyak 10 poin, sedangkan 84 persen peminum obat juga mengalami penurunan yang serupa. Ini dapat memperlihatkan bahwa manfaat teh rosela hampir sama efektifnya dengan obat antihipertensi.

Pencahar

Bunga rosela sendiri sudah lama digunakan secara tradisional untuk obat pencahar dan melancarkan buang air kecil.