Manfaat Daun Asam


Pertanianku – Jika Menyukai jamu Anda pasti tahu tentang salah satu jamu bernama sinom. Minuman ini sangat ringan dibandingkan jenis jamu lainnya yang terasa pahit. Biasanya sinom banyak diminum untuk menetralisir rasa pahit jamu. Banyak anak kecil yang suka dengan minuman manis yang satu ini.

Manfaat Daun AsamTahukah Anda bahwa sinom berasal dari daun asam? Meski memang tidak seperti jamu pada umumnya, kandungan daun asam sangat banyak dan baik untuk tubuh. Itulah alasan daun asam dijadikan bahan jamu atau minuman obat tradisional Indonesia. Manfaat daun asam adalah sebagai berikut:

  1. Membantu penyembuhan malaria

Malaria disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina yang membawa plasmodium falciparum. Daun asam memiliki ekstrak menyembuhkan dan antibakteri. Oleh karena itu, mengonsumsi daun asam jawa dapat menghambat perkembangan plasmodium falciparum.

  1. Mengobati sakit kuning dan diabetes

Penyakit kuning dan diabetes sangat berhubungan erat dengan fungsi hati dan empedu. Daun asam dapat memperbaiki fungsi hati. Daun asam akan membantu merangsang produksi insulin ke dalam darah. Selain itu, kandungan daun asam membantu empedu serta menyaring darah lebih baik sehingga menyembuhkan penyakit kuning.

  1. Mengatasi gigi dan gusi berdarah

Jika Anda mengalami sariawan, gusi berdarah dan karies gigi, penyebabnya bukan hanya keadaan rongga mulut yang kotor, melainkan karena kekurangan vitamin C. Daun asam memiliki kandungan asam askorbat tinggi yang sekaligus juga sebagai antioksidan.

Daun asam akan menyembuhkan dan melengkapi kebutuhan vitamin C tubuh. Daun asam juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh kuman dan membersihkan rongga mulut sehingga bersih dari bakteri penyebab infeksi.

Baca Juga:  Manfaat Daun Kelor yang Dikagumi Bangsa Barat