Beragam Manfaat Jika Mempunyai Hewan Peliharaan


Pertanianku – Apakah Anda termasuk salah satu wanita pecinta binatang? Maka mungkin Anda memiliki satu atau dua binatang peliharaan di rumah. Anjing dan kucing adalah pilihan yang paling umum jika bicara tentang peliharaan. Namun, apapun hewan peliharaan Anda, ternyata semua itu memiliki dampak yang sangat baik terhadap kesehatan.

Beragam Manfaat Jika Mempunyai Hewan Peliharaan

Seperti dikutip dari health.com, ada 5 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika Anda punya hewan peliharaan di rumah, antara lain:

  1. Menurunkan tekanan darah
    Jika Anda menyayangi hewan peliharaan Anda dan sering mengajaknya bercengkrama, ternyata ini bisa menstabilkan dan menurunkan tekanan darah Anda. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa menurunkan konsumsi obat hipertensi dan mencegah ketergantungan pada penderita hipertensi.

    2. Meningkatkan kebugaran dan menurunkan kolesterol
    Jika Anda suka berolahraga dan sering mengajak jalan-jalan anjing atau kucing Anda di pagi hari, ini akan memberikan dampak pada penurunan kadar kolesterol tubuh. Hal ini juga akan memberikan tubuh Anda kekuatan untuk mencegah penyakit datang. Ini ada hubungannya dengan penurunan tekanan darah dan melonggarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lancar.

    3. Menghilangkan stress dan meringankan depresi
    Memiliki anjing, kucing, hamster atau hewan peliharaan lain yang dapat mengisi hati Anda dan membuat Anda tersenyum bahkan tertawa terbahak-bahak, maka jaga hewan tersebut seumur hidup. Karena mereka adalah tiket Anda terhindar dari stres dan depresi. Ini akan memicu produksi endorphin dari otak yang akan membuat Anda lebih percaya diri, merasa lebih bahagia, diterima dan lebih berpikir positif.

    4. Mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler
    Jika Anda terhindar dari hipertensi dan kolesterol, maka kecil kemungkinan Anda akan mengalami penyakit kardiovaskuler secara tiba-tiba. Kombinasi antara menurunkan stres, terhindar dari depresi dan penurunan tekanan darah adalah kecilnya risiko penyakit kardiovaskuler.

    5. Mencegah alergi pada anak
    Jika banyak kasus alergi disebabkan oleh bulu hewan, maka justru sebaliknya. Jika Anda mengenalkan anak Anda sejak kecil bahkan saat mereka berusia kurang dari enam bulan, maka ini akan menjaga mereka dari alergi. Sebuah penelitian bahkan sudah membuktikan bahwa anak yang hidup dengan hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi, demam musiman dan eksema.

Baca Juga:  Indonesia Jadi Jalur Migrasi Burung Pemangsa
loading...
loading...