Beragam Manfaat yang Tersembunyi dalam Daun Pegagan

Pertanianku — Selama ini daun pegagan sudah terkenal sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, masyarakat Sunda kerap mengonsumsinya sebagai lalapan. Meski ukurannya tidak begitu besar, pegagan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat herbal. Berikut ini manfaat daun pegagan yang perlu Anda ketahui.

daun pegagan
foto: Pertanianku

Suplemen otak

Manfaat daun pegagan sebagai suplemen otak sudah teruji secara empiris ataupun klinis. Daun pegagan mengandung senyawa asatioksida yang mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak, dan melancarkan peredaran darah pada otak.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh K. Nalini dari Kasturba Medical College, India, tikus yang diberikan ekstrak pegagan selama 14 hari memiliki daya ingat 3–60 kali lipat lebih tinggi dari tikus normal.

Menenangkan tubuh

Daun pegagan diketahui mengandung beberapa bahan aktif yang dapat meningkatkan fungsi mental melalui efek penenang, antistres, dan anticemas.

Antibakteri

Daun pegagan memiliki sifat antibakteri yang sudah teruji secara klinis. Pegagan mampu menghancurkan bakteri seperti Escherechia coli, Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, dan sejenisnya. Dalam riset yang dilakukan oleh Laorpuksa A. dan kawan-kawan menyimpulkan bahwa bakteri penyebab infeksi pada saluran napas dapat diatasi dengan ekstrak pegagan. 

Khasiat pegagan lainnya

Daun pegagan yang memiliki rasa manis dan bersifat mendinginkan dapat berkhasiat membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing, penurun panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan saraf memori, antibakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi, dan stimulan.

Pegagan juga terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises dan salah urat, meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina tubuh dan mental, serta menurunkan gejala stres dan depresi.

Baca Juga:  Khasiat Propolis di Masa Pandemi Covid-19

Perawatan kulit

Saat ini pegagan sudah banyak digunakan pada beragam produk perawatan kulit dalam bentuk teh, kapsul, krim, salep, obat jerawat, dan body lotion.