Beragam Produk Turunan Sorgum

Pertanianku — Popularitas sorgum memang tidak begitu tinggi, padahal tanaman ini bisa diolah menjadi beragam produk turunan seperti beras, sirop, kecap, tepung bebas gluten, hingga gula. Berikut ini ulasan lebih detail mengenai beberapa produk sorgum.

produk sorgum
foto: Pixabay

Gula sorgum

Warna, bentuk butiran, dan ukuran gula sorgum persis gula pasir. Rasanya pun murni manis, rasa batang sorgum justru tidak terasa sama sekali. Satu sendok gula sorgum bisa digunakan untuk membuat secangkir teh manis. Saking persisnya, apabila disandingkan dengan gula pasir biasa, kemungkinan besar konsumen tidak akan menyadari kalau kedua jenis gula tersebut berbeda.

Gula pasir asal sorgum memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni 53. Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat diproses menjadi glukosa di dalam tubuh. Penderita diabetes memerlukan gula dengan indeks glikemik yang rendah sehingga produk gula sorgum dapat menjadi pilihan tepat untuk menjaga gula darah tetap normal.

Kelebihan sorgum dibanding tebu adalah masa tanamnya yang lebih singkat.

Kecap sorgum

Kecap sorgum dibuat dari batang tanaman sorgum. Aromanya persis kecap yang terbuat dari kedelai, begitu pun dengan rasanya. Produk kecap dan tepung sorgum telah teruji bebas gluten sehingga aman untuk penderita autisme. Kecap dari sorgum dapat diolah menjadi kecap manis reguler siap santap dan kecap premium untuk campuran masakan seperti teriyaki.

Sirop, beras, dan tepung sorgum

Sirop terbuat dari nira. Adapun beras sorgum tersedia dalam dua jenis, yaitu beras putih dan merah. Sementara itu, tepung yang terbuat dari sorgum dapat digunakan untuk membuat berbagai olahan pangan. Beras dan tepung yang berasal dari biji sorgum memiliki daya serap air tinggi. Konsumsi produk olahan sorgum memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk pelaku diet.

Baca Juga:  Buah Tomat Tanpa Biji

Sorgum juga berpotensi diolah menjadi gula pasir cokelat, cuka, bubur instan, dan camilan menyehatkan. Produk-produk turunan tersebut bebas gluten dan indeks glikemiknya rendah.