Berapa Lama Pakan Ayam Bisa Disimpan di Gudang?

PertaniankuPakan ayam yang dibeli memang tidak bisa langsung digunakan atau dihabiskan oleh ternak sehingga Anda harus menyimpannya agar bisa digunakan di lain waktu. Namun, bahan pakan pada umumnya tidak bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, terlebih pakan tersebut merupakan pakan alami mengandung bahan organik yang gampang membusuk. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berapa lama pakan ayam bisa disimpan di gudang.

pakan ayam
foto: unsplash

Selain itu, Anda bisa lebih mengestimasikan berapa banyak pakan yang bisa dibeli. Selain daya simpan, cara menyimpan pakan menjadi salah satu penentu kualitas pakan yang disimpan.

Kesalahan penanganan penyimpanan pakan dapat menyebabkan kandungan nutrisi pada pakan menjadi rusak. Hal ini menjadi tantangan saat memasuki musim panas karena suasana panas dapat menyebabkan naiknya tingkat kerusakan kualitas pakan menjadi 10 kali lipat lebih cepat.

Loading...

Pada umumnya, daya simpan pakan ayam di gudang adalah 30 hari sejak tanggal produksi. Hal tersebut berlaku untuk pakan berbentuk crumble (butiran), pelet, ataupun mash (tepung). Pakan yang melewati masa itu akan mengalami penurunan kualitas.

Oleh karena itu, sebaiknya peternak tidak menyimpan pakan lebih dari 14 hari sebagai antisipasi. Pasalnya, pakan yang sampai ke tangan peternak biasanya harus melalui beberapa proses yang memakan waktu.

Namun, ada beberapa hal yang kerap diabaikan oleh peternak ataupun produsen pakan dalam menyimpan pakan. Padahal, hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas pakan selama masa penyimpanan. Biasanya, peternak ataupun agen pakan sering tidak menggunakan palet (alas) sehingga pakan langsung bersentuhan dengan lantai gudang. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas.

Selain itu, peternak atau agen biasanya menumpuk pakan di gudang secara berdempetan atau dengan jarak kecil yang membuat mekanisme first in first out (FIFO) tidak berjalan lancar. Terakhir, peternak kurang mengantisipasi hadirnya hama yang mengincar pakan ayam seperti tikus, kecoa, dan kutu. Dengan begitu, kesalahan-kesalahan tersebut dapat membuat kualitas pakan mudah menurun sebelum waktunya.

Baca Juga:  Green Concentrate, Pakan Ternak Ruminansia yang Terbuat dari Indigofera zollingeriana

Selain faktor waktu, Anda juga harus memerhatikan cara dan kondisi gudang penyimpanan pakan. Pakan memang harus disimpan di gudang, tidak boleh di dalam kandang. Gudang yang digunakan harus memiliki beberapa standar yang harus dipenuhi.

Standar gudang yang harus dipenuhi adalah terhindar dari sinar matahari langsung, bocor karena hujan, suhu berkisar 30—34°C, tingkat kelembapan tidak lebih dari 70 persen, bebas dari hama, tidak bercampur dengan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida, gudang memiliki luas yang cukup untuk menerapkan FIFO, serta memiliki jarak yang cukup antara dinding dan tumpukan pakan.

 

 

Loading...
Loading...