Beras Merah Arumba yang Kaya Antioksidan

Pertanianku — Untuk memenuhi kebutuhan terhadap beras yang bermanfaat untuk kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mengeluarkan varietas Arumba. Arumba berasal dari kata arum yang berarti wangi dan abang yang berarti merah. Beras merah yang berasal dari padi Arumba diharapkan bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarkat.

beras merah
foto: Pixabay

Varietas beras Arumba masih terbilang cukup baru karena dirilis pada awal 2020. Meskipun begitu, diharapkan bisa menjadi sumber pangan yang sehat dan berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan gizi tambahan.

Beras berpigmen menjadi salah satu pilihan makanan pokok yang menyehatkan. Hal ini karena selain bisa membuat perut kenyang, beras berpigmen bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit.

Beras merah mengandung antosianin atau senyawa fenolik yang berkhasiat sebagai antioksidan. Kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas yang masuk dan mencegah munculnya penyakit di dalam tubuh manusia.

Varietas Arumba dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan pokok dengan kandungan senyawa fenolik yang tinggi. Varietas beras ini diharapkan bisa membuka peluang pasar yang lebih luas sehingga mampu menekan angka impor untuk beras merah.

Varietas Arumba dihasilkan dari perkawinan silang yang dilakukan antara varietas padi aromatik Sintanur dengan Bahbutong yang berwarna merah dan tahan terhadap serangan hama wereng cokelat. Perkawinan silang tersebut berhasil menghasilkan beras merah yang wangi.

Rasa beras merah Arumba cukup enak. Dengan begitu, bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghapuskan stigma masyarakat yang menyebutkan bahwa beras merah itu kurang enak jika dibandingkan dengan beras putih.

Kandungan senyawa fenolik di dalam beras Arumba terkenal cukup tinggi sekitar 450,90 ± 9,7 ppm, dengan rata-rata hasil sekitar 6,12 ton/hektare.

Baca Juga:  Strategi Kementan untuk Menghadapi Iklim yang Ekstrem

Selain mampu menghasilkan beras yang wangi dan sehat, varietas ini cukup tahan terhadap serangan wereng cokelat biotipe 1, agak tahan terhadap biotipe 2 dan 3, serta tahan terhadap  4 ras utama blas daun.

Saat ini Unit Pelaksana Benih Sumber (UPBS) BB Padi sudah memproduksi benih varietas Arumba untuk kelas BS (label kuning) dan SS (label ungu).

 


loading...