Beras Merah Organik untuk Hidup Lebih Sehat


PertaniankuBeras merah organik mempunyai rasa yang kurang nikmat dibandingkan dengan beras putih. Jika dilihat dari segi teksturnya, beras putih lebih pulen ketimbang beras merah organik.

beras merah organik
Foto: Pertanianku

Namun demikian, jika dibandingkan dengan bahan pangan lainnya, beras merah organik mengandung gizi yang lebih tinggi dan mempunyai manfaat untuk kesehatan lebih banyak. Seiring waktu, masyarakat Indonesia mulai menyadari kelebihan beras merah daripada beras biasa. Beras merah memiliki kandungan zat gizi baik yang tidak dimiliki nasi putih.

Jenis beras yang ditanam dengan tidak menggunakan bahan kimia ini sudah terbukti mempunyai manfaat yang istimewa untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat baik yang diberikan beras merah.

  1. Menurunkan berat badan

Jenis bahan pangan yang diyakini memiliki banyak nutrisi bagi tubuh ini mengandung kalori yang relatif rendah dan sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet. Hal ini karena kandungan karbohidrat kompleksnya akan menjadikan Anda tidak mudah lapar dan merasa kenyang lebih lama.

  1. Atasi masalah pencernaan

Beras merah mengandung serat yang sangat tinggi. Jadi, konsumsi nasi merah akan baik sekali untuk menangani masalah pencernaan.

  1. Sumber anti-oksidan

Beras merah organik sudah dipercaya mengandung anti-oksidan, vitamin, dan mineral yang kelak akan menghindarkan Anda dari risiko radikal bebas. Dengan mengonsumsi beras merah organic, Anda akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beras merah dipercaya pula dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara periodik. Tak hanya itu, beras merah juga bisa menambah kolesterol baik dan membuat Anda akan selalu dalam kondisi fit.

  1. Menghindarkan keluhan batu empedu

Beras merah organik mengandung banyak serat. Maka dari itu, tidak aneh bila banyak orang yang rutin mengonsumsi beras merah dan membuat gangguan di seputar batu empedunya mulai reda bahkan sembuh.

  1. Menstabilkan kadar gula darah
Baca Juga:  Rahasia di Balik Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi dan menjurus ke arah kondisi diabetes, sebaiknya segera konsumsi beras merah. Sebab, beras merah memiliki kandungan yang bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dalam beras merah terkandung magnesium yang sangat baik untuk melindungi kesehatan tulang maupun gigi. Dengan begitu, secara tak langsung akan memperkecil peluang Anda terkena penyakit keropos tulang (osteoporosis) dan sejenisnya.

loading...
loading...