Beras Premium Lebih Banyak Beredar di Pasaran, Apa Penyebabnya?


Pertanianku – Berembus kabar bahwa di pasaran lebih banyak beredar beras premium. Hal tersebut disanggah oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi yang menegaskan bahwa masih ada beras murah.

Beras kualitas medium dijual seharga Rp8.000 per kilogram (kg). Beras kualitas medium sebenarnya bisa didapatkan masyarakat di Toko Tani Indonesia yang tersebar di Jakarta. Toko Tani Indonesia juga bisa ditemukan di Pasar Induk Beras Cipinang.

Untuk itu, Agung mengatakan, seiring dengan meningkatnya produksi beras kualitas premium dan pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET), harga beras premium mengalami penurunan sebesar 50 persen.

“Kenapa banyak premium? Karena ini panen musim gadu,” jelas Agung seperti diberitakan Republika (4/10).

Musim gadu adalah dimana masa panen ketika musim kemarau, dan hal tersebut berdampak pada hasil panen yang berkualitas baik. Hal ini juga membuat kadar air rendah. Dengan begitu, pada proses penggilingan, tingkat risiko beras akan pecah sangat kecil. Itu sebabnya beras tersebut digolongkan dalam beras premium dan harganya cukup mahal.

Hal ini juga membuat harga beli beras di tingkat petani juga akan naik. Meski begitu, beras kualitas medium tetap berada di pasaran.

“Beras itu ada, tetapi cenderung premium saat ini,” tuturnya.

Namun, memasuki musim hujan, diprediksi jumlah beras medium akan bertambah banyak karena kadar air yang terkandung cukup tinggi.

Baca Juga:  Mentan Sebut Stok Beras di Cipinang Aman
loading...
loading...