Berbagai Jenis Kelinci


Pertanianku – Kelinci anggora merupakan varietas kelinci yang memiliki ciri berbulu tebal dan lebat. Biasanya dibudidayakan untuk diambil bulunya. Bulu kelinci anggora dikenal karena teksturnya yang halus dan lembut. Jenis kelinci ini diketahui berasal dari Ankara, Turki. Daerah ini dikenal juga sebagai tempat asal kucing anggora dan kambing anggora.

Berbagai Jenis Kelinci

Bisnis bulu kelinci anggora berkembang di negara-negara beriklim dingin seperti Eropa dan Amerika. Bulu kelinci anggora dipanen setiap 4–5 bulan sekali dengan cara dicukur atau dicabut. Metode pencabutan bulu kelinci menjadi kontroversi bagi para pecinta binatang karena dianggap menyakiti hewan lucu ini.

Ada beberapa jenis kelinci anggora yang populer di Indonesia. Selain itu, banyak para breeder yang mengawinkan kelinci anggora dengan ras lain sehingga melahirkan banyak varian hasil silangan. Berikut beberapa jenis kelinci anggora antara lain:

  1. Anggora perancis

Kelinci ini memiliki bobot tubuh sekitar 3,4–4,8 kg. Bulunya tumbuh panjang dan pertumbuhan bulunya sangat cepat. Anggora perancis memiliki warna bulu yang beragam. Kelinci ini cocok untuk dipelihara sebagai hewan kesayangan untuk pemula.

  1. Anggora Inggris

Kelinci ini merupakan jenis yang paling kecil dibanding kelinci angora lainnya. Bobot tubuh kelinci dewasa hanya sekitar 2,3–3,2 kg. Angora inggris adalah jenis yang paling favorit sebagai hewan pertunjukan. Bulunya tebal dan tumbuh hingga ke telinga dan wajahnya. Kelinci ini memerlukan perawatan harian yang intensif. Tidak dianjurkan bagi pemelihara hewan pemula. Bulu-bulunya yang panjang dan halus mudah kusut dan harus rutin dibersihkan karena mudah rontok.

3. Anggora giant

Kelinci anggora giant ini merupakan hasil persilangan anggora dengan flemish giant. Seperti lainnya. Berat angora giant dewasa bisa mencapai 5 kg. Warna bulunya putih membuat kelinci jenis ini menjadi pilhan favorit untuk diambil bulunya. Karena badannya yang besar, hasil panen bulunya pun lebih tinggi dibanding jenis lain. Bulunya tidak mudah rontok sehingga untuk memanennya perlu dicukur.

Baca Juga:  Memelihara Marmut Itu Mudah, Begini Caranya!

4. Anggora satin

Kelinci anggora satin memiliki bobot sekitar 3–4,3 kg. Kelinci jenis ini memiliki berbagai variasi warna. Jenis bulunya disukai kalangan industri karena mudah dipintal.

loading...
loading...