Berbagai Jenis Pohon Buah Tin dan Manfaatnya yang Luar Biasa


Pertanianku — Buah tin berasal dari Asia Barat dan sangat diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia. Berbagai jenis pohon buah tin ini dijual dengan harga yang mahal. Namun, tetap banyak yang ingin membelinya.

jenis pohon buah tin
Foto: Google Image5

Menurut para pakar ilmu pengetahuan, buah tin adalah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin dan mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin bisa menjadi zat pembersih untuk mengobati luka luar.

Adapun unsur yang terkandung dalam buah tin adalah karbohidrat, protein, minyak, yodium, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang, chlorin, serta asam malic dan nicotinic. Selain memiliki banyak manfaat, jenis buah tin juga sangat banyak. Berikut ini akan dipaparkan berbagai jenis pohon buah tin yang ada.

  1. Pohon tin panache atau tiger fig

Ini merupakan varian tin yang langka dan unik, mempunyai warna buah indah (varigata) campuran strip hijau dan kuning. Ukuran buahnya kisaran 50—60 gram. Pohon tersebut produktif, cepat berbuah dan adaptif bisa ditanam di mana saja termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, banyak peminat yang ingin membeli dan mengoleksi tanaman jenis ini.

  1. Black madeira

Varian ini berasal dari Pulau Madeira dengan rasa buah yang sangat manis dan ukurannya besar. Keunikan pada varian ini karena warna buah berubah-ubah sesuai dengan iklim atau musim.

  1. Green jordan fig (LN)

Green jordan fig (LN) atau sering disebut pohon tin hijau dari Yordania ini yang paling adaptif, mudah tumbuh di Indonesia dan bercabang. Bisa ditanam di tanah atau di pot. Rasa buahnya manis dan besar buah kisaran 40—60 gram. Warna buah hijau kekuningan, sering berbuah dan lebat, serta daun berjari lima. Pohon buah tin ini merupakan tipe yang paling baik dari negara asalnya, yaitu Yordania.

  1. Purple jordan (LN)
Baca Juga:  Begini Cara Membuat Bibit Kakao Unggul

Purple jordan (LN) atau pohon tin ungu dari Yordania memeiliki warna buah ungu, rasanya manis. Mudah beradaptasi sehingga bisa ditanam dan tumbuh di Indonesia, serta cepat berbuah, besar buah kisaran 50—70 gram. Bisa ditanam di pot atau di perkebunan.

  1. Brown turkey

Brown turkey atau pohon tin asal Turki memiliki buah yang beratnya mencapai 50—60 gram, warna buah cokelat-kehitaman. Pohon ini sangat produktif dan rajin berbuah, memiliki rasa yang amat manis, dan mudah ditanam di Indonesia.