Berbagai Macam Usaha dari Sektor Pertanian yang Harus Anda Coba


Pertanianku — Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendukung pembangunan negara. Untuk itu, usaha dari sektor pertanian sangat menjanjikan, terutama untuk dijalankan di negara dengan kekayaan alam yang melimpah seperti Indonesia.

usaha dari sektor pertanian
Foto: Pixabay

Usaha di sektor pertanian di Indonesia tidak akan pernah surut karena memiliki potensi dan prospek yang sangat tinggi. Peluang juga akan terus ada seiring berkembangnya teknologi untuk mencari kesempatan dan terus mencari ide usaha pertanian. Berikut ini beberapa macam usaha dari sektor pertanian yang cukup menjanjikan.

  1. Budidaya organik

Seiring perkembangan zaman, masyarakat menjadi semakin sadar akan pentingnya kualitas bahan makanan yang mereka konsumsi. Produk organik mampu memberikan produk yang lebih sehat tanpa adanya kandungan bahan kimia yang mengancam kesehatan.

Saat ini komoditas organik, mulai dari sayuran, buah, ataupun beras sebagai bahan pangan masih sangat terbatas. Oleh karena itu, usaha produk organik masih sangat menjanjikan dan bisa menjadi pilihan.

  1. Budidaya tanaman hias

Jenis usaha budidaya tanaman hias memang sudah banyak dijalankan, namun peluangnya masih sangat besar. Usaha ini menjanjikan karena tanaman hias merupakan bagian salah satu cara penghijauan di sekitar hunian yang juga mampu menambah nilai estetikanya. Jenis tanaman hias yang akan ditawarkan harus sesuai dengan permintaan pasar atau yang memiliki peminat banyak.

  1. Budidaya rempah-rempah

Indonesia yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Hal ini bisa menjadi peluang tersendiri untuk dijadikan usaha. Tanaman rempah tumbuh subur dan tersedia cukup lengkap di Indonesia. Usaha ini memiliki potensi hingga ke mancanegara karena sangat diminati negara lain.

  1. Menjual bibit

Tingginya jumlah petani di Indonesia menjadi peluang tersendiri untuk menjalankan usaha dengan menjual bibit. Petani, khususnya petani tanaman tahunan cenderung membeli bibit dibanding membuatnya secara mandiri. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk menjual bibit tanaman musiman seperti cabai dan tomat.

Baca Juga:  Teknik Sederhana Bertanam Brokoli dalam Pot

Jenis bibit yang dijual bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang akan dimasuki. Sasaran pasar untuk menjual bibit bisa dari petani kecil ataupun perlahan yang memerlukan bibit untuk lahan pertaniannya.

  1. Jasa perantara ekspor komoditas pertanian

Saat ini belum banyak orang yang mampu menjadi jasa perantara eksportir komoditas pertanian. Padahal, Indonesia memiliki berbagai macam komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan negara lain. Ini menjadi peluang tersendiri dan akan lebih maksimal keuntungannya jika komoditas ekspor tersebut bisa dihasilkan secara mandiri.