Berhidroponik dengan DFT Pipa PVC Frame A 36 Lubang


Pertanianku — Pernahkan kamu mendengar istilah berhidroponik dengan DFT pipa PVC frame A36 lubang? Yuk, simak penjelasan berikut.

Berhidroponik
Pinterest

Tren hidroponik memang mampu menarik minat masyarakat yang ingin merambah bisnis cocok tanam. Namun demikian, teknologi yang sulit dan biaya investasi yang mahal kerap menjadi masalah.

Menilik permasalahan tersebut, kini telah hadir aneka instalasi hidroponik atau biasa dikenal dengan starterkit. Starterkit hidroponik bisa diaplikasikan dengan mudah dan murah, baik untuk skala hobi maupun komersial atau bisnis.

Starterkit bisa ditempatkan di lahan terbatas sehingga cocok untuk urban farming. Memetik sayuran yang segar, sehat, dan tentunya bebas pestisida dapat dilakukan setiap hari tanpa belepotan tanah.

Salah satu starterkit yang bisa Anda praktikkan ialah DFT pipa PVC frame A 36 lubang. Starterkit ini dibuat menyerupai huruf A. Kesulitan dalam pembuatan instalasi ini tergolong sedang.

Pada dasarnya, teknik bertanam DFT sama dengan NFT, yang membedakan hanya jumlah air yang dialirkan lebih banyak. Starterkit ini bisa diaplikasikan di rumah untuk menanam beberapa jenis sayuran.

Starterkit hidroponik ini memiliki tinggi sekitar 1,5 cm. Untuk penataan pipa PVC dibuat bertingkat menggunakan rangka yang berbentuk huruf A. Pipa PVC diletakkan di sisi kanan dan kiri rangka.

Untuk frame A 36 lubang, panjang pipa PVC, yaitu 1 meter berisi 6 lubang tanam. Jumlahnya enam batang (3 di kiri dan 3 di kanan). Nutrisi dari bak dipompa ke atas lalu dibagi menggunakan manifold untuk dialirkan menuju masing-masing pipa PVC.

Prinsip dasar dari starterkit hidroponik ini, yaitu mengalirkan nutrisi setebal 3—5 cm. Nutrisi dari bak penampungan dialirkan dengan pompa ke seluruh guli berupa pipa PVC, lalu mengalir menuju bak penampungan. Aliran nutrisi ini diserap oleh akar tanaman, lalu dialirkan kembali menuju bak penampungan.

Baca Juga:  Langkah Mudah dan Cermat Budidaya Tanaman Kopi

Untuk mempraktikkan starterkit hidroponik ini Anda bisa membaca buku 12 Hidroponik Starter. Di dalamnya terdapat penjelasan lengkap mengenai macam-macam starterkit yang bisa Anda tiru. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar step by step yang akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya.

loading...
loading...