Berikut Adalah Cara Sehat Menikmati Buah


Pertanianku – Sekilas tampaknya sama cara mengonsumsi buah. Namun, tahukah Anda ternyata mengonsumsi buah itu ada caranya? Buah bisa dikonsumsi segar atau dibuat jus. Untuk mendapatkan manfaat yang optimum, Anda harus mengonsumsi buah dengan baik dan benar.

Cara Sehat Menikmati Buah

Cara mengonsumsi buah segar tidak langsung dikunyah lalu ditelan. Juga meminum jus, tidak langsung ditenggak langsung habis. Akan tetapi, dimakan sedikit demi sedikit, diminum seteguk demi seteguk, lalu dibiarkan sebentar di dalam mulut. Ditahan sebentar di dalam mulut sambil dirasakan rasanya yang sudah bercampur dengan air liur. Setelah itu, barulah ditelan, masuk ke dalam kerongkongan. Begitu seterusnya hingga habis.

Mengapa harus ditahan sebentar dan bercampur dengan air liur? Hal ini karena air liur mengandung enzim ptialin. Ketika air liur bercampur dalam buah akan membantu fungsi pencernaan. Oleh karena itu, nutrisi yang terdapat dalam buah dapat diserap dengan baik. Mengonsumsi buah dengan cara ini dapat menghindari dari gangguan perut kembung dan mulas. Bagi yang mengonsumsi buah dengan cara dibuat jus, kini saatnya Anda membuat jus yang mempunyai cita rasa tinggi sehingga menggugah selera Anda agar rutin mengonsumsinya setiap hari. Namun, beberapa buah memberikan rasa yang kurang enak. Untuk itu perlu dicampurkan bahan lain yang bisa memberikan rasa jus lebih enak dan menyenangkan. Contohnya, air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Untuk menambah sensasi gurih dapat ditambahkan jenis kacang tanah, kacang mete, almond, atau kenari. Meski kaya lemak, kacang-kacangan tidak menghambat pencernaan nutrisi dalam jus buah. Lemaknya termasuk lemak sehat sehingga mudah dicerna dan bisa langsung diedarkan dalam darah. Yang penting, pastikan kacangkacangan itu sudah dikupas dari kulitnya dan dipanggang/ disangrai.Sebagai pemanis, jus buah untuk kesehatan sebaiknya tidak memakai gula. Lebih baik menggantikannya dengan madu asli. Madu kaya zat gizi sehingga bagus untuk kesehatan. Cara lain dengan mengombinasikan buah-buah yang berasa manis, misalnya kurma.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Jengkol di Lahan Sempit

 

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit