Berkebun Bisa Bikin Panjang Umur, Lho!


Pertanianku — Saat seseorang sedang bekerja, akan membuatnya rentan berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan mulai dari obesitas, jantung hingga stroke. Apalagi, jika mereka yang bekerja di dalam ruangan dan terlalu banyak duduk menatap layar komputer. Namun tahukah Anda, berkebun ternyata mampu menepis risiko berbahaya tersebut.

berkebun
Foto: Google Image by Manitoba Co-operator

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai risiko penuaan dini dan membuat umur menjadi lebih panjang. Cara tersebut tentunya adalah menjaga pola hidup yang sehat, istirahat cukup, olahraga cukup, dan jangan sampai terlalu stres. Satu lagi, usahakan untuk perbanyak aktivitas di kebun alias tekuni aktivitas berkebun.

Para ahli mengungkapkan bahwa berkebun merupakan cara paling mudah agar seseorang bisa awet muda dan panjang umur. Aktivitas ini juga sangat memungkinkan seseorang memiliki daya ingat yang baik dan menjadikannya lebih cerdas, tidak mudah stres serta tidak mudah tersinggung.

Para ilmuwan meyakini bahwa berkebun dengan menanam atau menyirami sayur serta bunga juga menyapu halaman bisa membuat kesehatan fisik ataupun psikis seseorang lebih terjaga dan sehat.

“Bercengkerama dengan alam adalah salah satu hal yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang, nyaman dan fokus. Berkebun adalah salah satu cara sederhana untuk bercengkerama dengan alam. Ruang yang hijau serta segar seperti halnya kebun akan membuat siapa pun bisa lebih awet muda dan panjang umur. Ini sangat bagus untuk menjamin kesehatan fisik serta psikis seseorang menjadi lebih baik,” kata seorang ahli lingkungan yakni Dr. Ross Cameron dari Universitas Sheffield.

Sementara itu, John Macleod dari universitas yang sama mengatakan, bagi mereka yang tak punya banyak waktu untuk menikmati pemandangan di alam luas dan bebas, mereka bisa menikmatinya di taman atau halaman mereka yang ditumbuhi dengan tanaman berupa sayur serta bunga.

Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat

“Meski tak begitu luas, setidaknya taman adalah salah satu ruang yang bisa menyegarkan suasana. Seseorang yang senantiasa menyempatkan diri untuk berkebun dan mengurus tanamannya sendiri bisa lebih awet muda dan panjang umur,” lanjut Macleod.

Mengingat akan ajaibnya manfaat dari berkebun, mulai sekarang cobalah untuk mencintai tanaman di rumah dan menyempatkan diri untuk berkebun. Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, aktivitas di kebun juga akan membuat kesehatan psikis semakin mengesankan dan sehat.