Berkebun Bisa Mencegah Penyakit Alzheimer


    Pertanianku – Alzheimer atau biasa orang menyebutnya penyakit kepikunan merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup berisiko. Biasanya, seseorang yang mengalami alzheimer adalah seseorang yang berusia lanjut dan tua. Namun, risiko alzheimer bisa dicegah. Dikutip dari laman prevention, beberapa kegiatan sederhana sehari-hari dapat membuat seseorang jauh dari risiko terkena alzheimer.

    Berkebun Bisa Mencegah Penyakit Alzheimer

    Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Alzheimer menemukan bahwa berbagai kegiatan sehari-hari yang melibatkan fisik bisa mencegah risiko alzheimer hingga 50%. Berbagai kegiatan fisik ini bisa berupa aktivitas bermusik, berolahraga, bahkan berkebun.

    Studi ini dilakukan pada 876 orang dengan usia rata-rata 78 tahun pada studi tersebut ditemukan, bahwa mereka yang suka sekali melakukan aktivitas fisik khususnya kegiatan berkebun memiliki kemampuan otak yang baik. Mereka juga sangat rendah berisiko alzheimer. Sementara itu, mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk istirahat dan malas melakukan aktivitas fisik, akan lebih berisiko mengalami alzheimer.

    Sementara itu, para peneliti mengungkapkan, bahwa aktivitas fisik yang dilakukan berkaitan dengan hobi seseorang juga akan membuat seseorang jauh dari risiko alzheimer. Nancy Ondra, seorang tukang kebun dan penulis buku Perennial Matchmaker mengatakan, “Ketika kita melakukan sesuatu yang kita sukai dan telah menjadi hobi, hal itu akan membuat kita selalu sehat, semangat dan tidak mudah lupa. Melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan erat dengan hobi juga akan membuat kita jauh dari risiko alzheimer. Hal ini terjadi karena kita selalu bahagia dan nyaman dengan aktivitas yang kita lakukan.”

    Tanaman yang hijau dan udara yang segar di kebun atau taman tampaknya juga berpengaruh pada kondisi otak seseorang dan mencegah risiko alzheimer. Jika Anda ingin jauh dari risiko alzheimer, disarankan agar untuk berkebun dan melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran lebih  fresh.

    Baca Juga:  Yuk, Simak Jenis Sayuran yang Meningkatkan Berat Badan
    loading...
    loading...