Berkebun Bunga Matahari di Lahan Sempit

Pertanianku — Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Berkebun bunga matahari bisa Anda lakukan di lahan sempit jika Anda memang tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Berkebun bunga matahari
Foto: Pixabay

Cara menanam bunga matahari di lahan sempit dengan menggunakan pot jauh lebih praktis karena tidak ada proses pengolahan lahan atau tanah. Keuntungan lainnya, yaitu Anda dapat sesuka hati memindahkan pot bunga tersebut sesuai keinginan.

Siapkan benih atau biji bunga matahari

Loading...

Beberapa varietas antara lain Texas Lemon, Mammoth, Autumn Beauty, Sunbeam, Teddy bear, Velvet Queen dan Sungold Mix, Sunflower Evening Sun, dan lain-lain. Benih bunga matahari banyak dijual di toko pertanian, ada juga dijual di toko online.

Semai biji bunga matahari

Cara menyemai benih bunga matahari, yaitu benih dibenamkan dalam tray persemaian dengan media campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Siramilah dengan rutin persemaian tersebut dan tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

Benih akan mulai berkecambah umumnya hingga berusia 10 hari. Siapkan media tanam di dalam pot dengan campuran pupuk kandang, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3.

Transplanting bibit bunga matahari

Bibit bunga matahari yang sudah mulai tumbuh tunas berukuran 15—20 cm dipindahtanamkan ke media pot yang sudah dipersiapkan. Selanjutnya, tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang bibit tersebut.

Pemeliharaan

Siramilah dengan rutin setiap pagi dan sore hari. Penyiraman rutin adalah salah satu kunci berhasilnya cara menanam bunga matahari. Ini karena bunga matahari memang membutuhkan pasokan air yang banyak. Taruhlah pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih 6 hingga 7 jam per hari untuk menjaga kebutuhan tanaman akan sinar matahari.

Baca Juga:  Tips Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis
Loading...
Loading...