Berkebun Durian Matahari, Durian Unggul Asal Bogor

PertaniankuDurian matahari merupakan durian lokal unggulan asal Bogor, Jawa Barat. Keunggulan durian ini terletak pada dagingnya yang berwarna kuning cerah seperti matahari. Oleh karena itu, durian unggulan ini diberi nama durian matahari.

durian matahari
foto: Pertanianku

Selain warna dagingnya, daging durian ini lebih tebal, manis legit, dan tidak beralkohol. Daging durian ini cenderung tidak berair sehingga teksturnya lebih kering dibanding jenis durian lainnya. Daging juga berserat halus dan cenderung berlemak. Ketebalan daging buah berkisar 0,5—1 cm.

Aroma yang dikeluarkan dari durian matahari tidak terlalu tajam sehingga tidak terlalu mengganggu bagi Anda yang kurang menyukai aroma durian.

Buah durian matahari berbentuk bulat agak sedikit memanjang dengan kulit berwarna hijau kecokelatan dan berbobot 2—3,5 kg. Dalam satu buah terdapat 10—20 pongge. Buah yang sudah dipanen mampu bertahan selama 5—6 hari.

Durian lokal unggulan ini cukup mudah dibudidayakan karena tidak memerlukan perlakuan khusus agar tanaman bisa berbuah. Durian matahari dapat tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah hingga menengah.

Lahan menanam yang akan digunakan harus kaya akan unsur hara dengan intensitas cahaya matahari yang cukup. Anda hanya perlu memberikan pupuk secara rutin. Jika ingin merangsang pertumbuhan lebih cepat dan rajin berbuah, Anda bisa menggunakan hormon perangsang pembungaan dan buah.

Salah satu keunggulan durian matahari yang jarang dimiliki oleh jenis durian lain adalah ketahanan terhadap hama dan penyakit. Hal ini karena durian tersebut berasal dari Bogor yang terkenal dengan iklim basah dan curah hujan tinggi. Kondisi tersebut membuat tanaman ini lebih tahan terhadap serangan penyakit busuk akar dan relatif lebih tahan daripada serangan hama penggerek buah.

Baca Juga:  Manfaat Daun Pandan yang Bisa Menenangkan Diri

Untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman durian matahari yang bagus, Anda memerlukan bibit yang berkualitas. Bibit yang bagus memiliki tajuk berbentuk kerucut dengan percabangan yang rapat. Batang halus berwarna kecokelatan, daun bagian atasnya berwarna hijau tua dan bagian bawahnya berwarna cokelat kemerahan.

Bibit durian matahari berkualitas bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam bibit durian lokal dan introduksi unggulan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau berkunjung langsung ke Toko Trubus terdekat.