Berkebun Membuat Hidup Lebih Berkualitas


    PertaniankuBerkebun merupakan salah satu aktifitas menyenagkan dan menyehatkan yang dapat Anda lakukan di sela – sela kesibukkan Anda. Anda bisa melakukan kegiatan menyenangkan ini di pagi hari sebelum pergi bekerja atau sore hari setelah pulang kerja. Selain itu, kegiatan ini juga bisa Anda lakukan untuk mengisi akhir pekan atau saat liburan.

    Berkebun Membuat Hidup Lebih Berkualitas

    Bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas atau Anda tinggal di perkotaan, tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuat kebun kecil di belakang rumah atau di depan rumah. Menanam buah, sayur ataupun bunga bisa Anda lakukan dengan membonsainya sehingga tidak menyita banyak tempat.

    Tidak peduli jika Anda hanya punya sepetak tanah, kegiatan berkebun patut Anda coba karena memiliki banyak manfaat. Kekurangan lahan bisa Anda siasati dengan metode hidroponik. Metode ini memang mengandalkan air sebagai media utamanya.

    Namun, Anda juga bisa menggunakan metode lain seperti pasir, sabut kelapa, kerikil, potongan kayu, dan kawat kasa nilon. Berkebun akan meningkatkan kualitas hidup karena memiliki manfaat sebagai berikut.

    • Menyehatkan

    Berada di luar ruangan dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan. Sinar matahari akan mencerahkan suasana hati, meningkatkan kekebalan, dan pembangunan vitamin D. Para peneliti menemukan, orang-orang yang tinggal di lingkungan hijau memiliki kesehatan lebih baik dan jauh dari penyakit asma, depresi, penyakit jantung, migrain, bahkan infeksi saluran kencing.

    • Kualitas pangan lebih baik

    Sayuran dan buah-buahan yang ada di pasaran saat ini sudah banyak terkontaminasi oleh bahan kimia. Dengan menanam sendiri bahan makanan, Anda akan terbebas dari efek buruk zat berbahaya.

    • Hemat pengeluaran

    Mengapa harus pergi ke supermarket kalau semua sudah tersedia di kebun Anda? Dengan begitu, pengeluaran untuk konsumsi bisa dialihkan ke hal lain.

    • Menyenangkan
    Baca Juga:  Tips Agar Panen Ayam Buras Lebih Sukses

    Jika Anda tinggal di lingkungan perkotaan yang padat, berkebun bisa menjadi sarana melepas stres dan penat. Warna kehijauan dan warna-warni bunga membantu pikiran Anda lebih tenang dan segar. Anda juga akan memiliki kepuasan pribadi jika tanaman yang Anda rawat tumbuh dengan baik dan sehat.