Berkebun Organik itu Mudah

Pertanianku— Sebagian orang beranggapan bahwa berkebun organik itu sulit, mulai dari mencari pupuknya hingga cara mengatasi serangan hama. Namun, kini sudah banyak petani yang mulai mencoba untuk berkebun secara organik agar mendapatkan hasil panen yang lebih sehat.

berkebun organik
foto: pertanianku

Aktivitas berkebun organik bisa dilakukan pada skala rumah tangga hingga skala bisnis. Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam komoditas pertanian. Berikut ini beberapa trik dan tips untuk Anda yang tertarik untuk berkebun organik.

Tentukan jenis sayuran yang ingin ditanam

Menentukan jenis sayuran sebelum kegiatan berkebun dimulai menjadi bagian yang cukup penting. Jenis sayur akan memengaruhi jenis media tanam yang dibutuhkan, dosis pupuk, lokasi menanam, dan cara menanam.

Sayuran hijau yang bisa ditanam secara organik adalah selada, lettuce, lettuce sativa, sawi, sawi bakso, caisim, Brassica rapa var. parachinensi, pakcoy, sawi sendok, kangkung, kailan, chinese brokoli, dan chinese kale.

Sementara itu, sayuran buah yang bisa ditanam adalah cabai, paprika, dan tomat. Untuk buah, yang biasa digunakan adalah melon dan semangka.

Media tanam

Media tanam yang digunakan untuk berkebun organik harus memenuhi syarat, yakni mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Ada banyak jenis media tanam yang bisa Anda gunakan, mulai dari tanah hingga media tanam yang biasa digunakan untuk menanam hidroponik.

Wadah tanam

Ada berbagai jenis wadah tanam yang bisa dimanfaatkan untuk bertanam, mulai dari wadah yang murah dan mudah seperti pot, polibag, ember, serta kaleng bekas atau pipa air bekas. Anda bisa menggunakan berbagai wadah tanam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pupuk organik

Pupuk organik menjadi salah satu hal penting karena sangat memengaruhi tingkat produktivitas tanaman. Ada banyak jenis pupuk organik yang bisa Anda jumpai di toko pertanian. Namun, sebenarnya, Anda juga bisa membuat pupuk organik sendiri dari limbah organik yang berada di sekitar tempat Anda tinggal.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Semangka dari Biji

Berkebun organik bukan merupakan hal yang sulit dilakukan. Dalam buku Berkebun Organik Buah dan Sayur terbitan Penebar Swadaya, membahas berbagai cara berkebun sayuran dan buah organik dengan berbagai trik-trik yang masih jarang diketahui. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku ini sebagai referensi usaha Anda.


loading...