Berkenalan dengan Black Piranha si Pemburu Ganas

Pertanianku — Ikan black piranha digadang-gadang menjadi ikan paling mematikan. Ikan ini sendiri bisa ditemukan di sepanjang aliran Sungai Amazon, Amerika Latin. Sebenarnya, bagaimana keganasan ikan air tawar yang satu ini?

 

black piranha
Foto: pixabay

Ikan piranha biasa juga disebut ikan caribes dalam bahasa setempat. Ikan ini merupakan famili Serrasalmidae. Ada empat genus utama ikan piranha, yaitu Pristobrycon, Pygocentrus, Pygpristis, dan Serrasalmus.

Loading...

Keseluruhan genus ikan piranha memiliki spesies yang beragam. Diperkirakan, jumlah spesies ikan piranha yang masih hidup hingga kini antara 30 hingga 60 spesies. Salah satunya adalah black piranha.

Kepopuleran ikan black piranha melonjak drastis lantaran Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un, mencanangkan wacana eksekusi mati terhadap lawan politiknya dengan menggunakan ikan ini.

Black piranha dikenal sebagai salah satu ikan terganas. Spesies piranha biasa memiliki gigi-gigi yang tajam. Dalam hitungan waktu yang singkat, gigi-gigi tersebut mampu mengoyak mangsanya. Walaupun ikan piranha merupakan omnivora, ia bisa menghabisi mangsanya yang memiliki banyak daging dalam waktu singkat.

Sama seperti ikan piranha lainnya, black piranha berhabitat di Sungai Amazon. Pembeda utama yang langsung bisa dikenali dari ikan ini adalah warna tubuhnya yang hitam. Hal ini sesuai dengan julukannya sebagai ikan piranha hitam.

Black piranha memiliki panjang 20 hingga 37 cm. Jika sedang mengoyak mangsanya, gigi-gigi ikan black piranha bisa menahan kekuatan hingga 30 kali berat badannya. Hal tersebut ditunjang oleh gigi-giginya yang tajam.

Selain itu, otot rahang ikan yang satu ini juga sangat kuat. Kekuatan gigi ikan piranha diperkirakan bisa mendekati gigi hiu, hewan pemangsa terganas di lautan.

Sebenarnya, ikan black piranha ataupun piranha lainnya tidaklah sesadis yang digambarkan. Ikan piranha yang merupakan omnivora banyak mengonsumsi makhluk hidup lainnya.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Kalaupun memangsa hewan, ikan piranha akan memilih bangkai daripada berburu hewan segar. Alih-alih menyerang, ikan piranha yang ditemukan liar di sungai justru akan menjauhi manusia.

Ikan piranha senang berada di dekat tanaman air. Termasuk saat bertelur, ikan piranha memanfaatkan tanaman air tersebut. Selain untuk meletakkan telur, tanaman air juga membantu ikan piranha bersembunyi.

Namun, ikan piranha tetaplah salah satu ikan paling mengerikan di dunia. Penciumannya yang tajam bisa mendeteksi mangsanya.

Loading...
Loading...