Berkenalan dengan Varietas Kayu Manis Unggul

Pertanianku — Sebagai salah satu rempah yang banyak digunakan, keberadaan kayu manis menjadi krusial terutama bagi menu masakan nusantara. Belum lama ini, Balittro (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) merilis dua varietas kayu manis unggul untuk menunjang kebutuhan kayu manis berkualitas.

varietas kayu manis
Foto: freepik

Dua jenis kayu manis tersebut adalah Zeyna Agribun 01 dan Zeyna Agribun 02. Kedua jenis kayu manis unggul ini berasal dari jenis kayu manis ceylon. Jenis kayu manis ceylon sudah lama dikenal karena dapat dibudidayakan di dataran rendah. Selain itu, kayu manis ceylon juga memiliki harga jual yang lebih tinggi dan lebih unggul dari segi kualitas.

Zeyna Agribun 01 dirilis sebagai varietas kayu manis yang memiliki keunggulan di bidang produksi. Selain itu, mutu kayu manis Zeyna Agribun 01 juga terbilang tinggi. Potensi produksi kulit keringnya dapat mencapai 3,51 kilogram per pohon atau setara dengan 3,12 ton per hektare dengan populasi pohon sebanyak 890 pohon kayu manis.

Loading...

Kayu manis Zeyda Agribun 01 juga diperkirakan dapat menghasilkan sinnamaldehid kulit sebanyak 62,57 persen, kadar minyak atsiri kulit sebanyak 0,84 persen, kadar minyak atsiri daun sebanyak 0,83 persen, dan kadar eugenol daun sebanyak 91,59 persen.

Anda dapat bertanam kayu manis varietas Zeyda Agribun 01 di dataran rendah hingga menengah. Jenis ini mampu hidup pada iklim yang basah dengan baik.

Keunggulan juga tampak dari varietas kayu manis Zeyda Agribun 02. Potensi produksinya terletak pada keunggulan dan mutu tinggi, serta potensi produksi daun segar yang dapat mencapai 18,05 persen per kilogram per pohon. Jumlah ini setara dengan 16.064,5 ton per hektare dengan populasi pohon sebanyak 890 pohon.

Baca Juga:  Vamas 1, Singkong yang Bisa Ditanam di Lahan Masam

Tidak hanya daun segar, kayu manis Zeyda Agribun 02 juga diperkirakan dapat menghasilkan kandungan eugenol daun dengan kadar 91,28 persen, minyak atsiri daun 0,66 persen, dan kandungan sinnamaldehid kulit sebanyak 48,73 persen.

Tidak hanya itu, Zeyda Agribun 02 juga berpotensi menghasilkan kulit kering mencapai 2,3 kilogram per pohon atau setara dengan 2,04 ton per hektare dengan asumsi 1 hektare lahan berisi 890 pohon kayu manis.

Sama seperti Zeyda Agribun 01, Zeyda Agribun 02 juga cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Iklim basah cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.

Kesimpulannya, varietas kayu manis Zeyna Agribun 01 ditanam untuk produksi kulit batang, sedangkan Zeyna Agribun 02 dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan daun kayu manis sebagai bahan baku minyak atsiri.

Loading...
Loading...