Berkenalan Lebih Dekat dengan Penguin Kaisar

Pertanianku — Sudah lama dikenal bahwa penguin merupakan spesies burung yang bisa berenang dan hidup di suhu dingin. Dari banyaknya jenis penguin, penguin kaisar adalah salah satu yang paling terkenal.

penguin kaisar adalah
Foto: pixabay

Nama Latin dari jenis penguin ini adalah Aptenodytes forseteri. Penguin kaisar dikenal sebagai penguin yang memiliki ukuran tubuh paling besar dibandingkan spesies lainnya. Penguin kaisar dewasa dapat mencapai tinggi lebih dari satu meter dan bobotnya bisa lebih dari 35 kilogram.

Penguin kaisar juga memiliki ciri yang umum ditemui pada penguin jenis lain. Kaki penguin kaisar berjaring. Penguin ini memiliki bulu tebal yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya agar kedap air.

Loading...

Selain ukuran tubuh, keunikan lain hewan ini adalah memiliki garis kuning samar pada bagian lehernya. Ciri ini hampir mirip dengan spesies penguin raja. Namun, garis kuning pada leher penguin raja lebih mencolok dan membentuk lengkungan tegas di lehernya.

Penguin ini memiliki anatomi sayap yang memungkinkan mereka dapat berenang hingga sejauh 15 kilometer. Mereka juga bisa menyelam sampai kedalaman 900 kaki selama 18 menit.

Penguin kaisar hanya bisa ditemui di Kutub Selatan, tepatnya di Benua Antartika. Suhu di belahan bumi selatan itu bisa mencapai minus 73°C. Terdapat kurang lebih 40 koloni. Satu koloni memiliki anggota hingga 10 ribu penguin kasiar dewasa.

Mereka berjalan dan mendekatkan diri satu sama lain untuk saling menghangatkan. Posisi berdiri berhimpitan sering dilakukan agar tetap hangat, terutama jika penguin jantan sedang mengerami telur.

Berhubung suhu yang sangat dingin tersebut, penguin bertahan hidup dengan mengandalkan lapisan lemak pada tubuhnya. Ketebalan lapisan lemak yang dimiliki penguin kaisar dapat berkisar antara 2—3 cm. Lapisan lemak tersebut berfungsi untuk menyimpan panas dan memisahkan udara dingin.

Makanan utama penguin kaisar adalah ikan, udang, dan cumi-cumi. Ia memperoleh makanannya dari laut yang terdapat di sekitar bibir pantai. Habitat mereka sendiri berada di sepanjang wilayah tepi pantai benua terdingin tersebut.

Dengan kemampuan berenang dan menyelamnya yang menakjubkan, penguin kaisar bisa memperoleh hasil buruan yang berukuran lebih besar. Tentu saja hal ini jika dibandingkan dengan penguin-penguin spesies lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil.

Januari dan Februari merupakan bulan migrasi penguin untuk memperluas wilayah jelajahnya. Hal ini mereka lakukan untuk mencari makanan. Jika lelah berjalan, mereka akan meluncur di atas es dengan bertumpu pada dada mereka.

Loading...
Loading...