Bertanam Kencur dalam Pot dengan Sangat Mudah


PertaniankuBertanam kencur sebenarnya hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tanaman ini memiliki daun yang indah dan bunga berwarna putih. Selain kegunaannya sebagai bumbu dapur, tanaman kencur juga bisa menjadi tanaman hias di depan rumah Anda.

Bertanam kencur
Foto: thatsthesecretformula

Cara menanam kencur dengan media di dalam pot adalah sebagai berikut.

Pertama, pastikan Anda telah memilih bibit yang berkualitas. Bibit yang Anda gunakan bisa dari kencur yang Anda miliki. Pilih rimpang kencur yang sudah tua dan tanpa cacat. Simpan ditempat sejuk sampai muncul tunas sekitar 2 minggu.

Kedua, persiapkan media tanam. Isi pot dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan empat bagian tanah dan satu bagian pupuk.

Ketiga, tanam kencur di dalam pot. Masukkan bibit kencur yaitu kencur yang sudah bertunas pada lubang yang sudah dibuat di tengah pot. Tutup dengan lapisan tanah tipis pada bagian atasnya.

Jika pot yang Anda gunakan cukup besar, Anda bisa menanam lebih dari satu tanaman kencur dalam satu pot. Jarak tanam yang dianjurkan berkisar 10—15 cm. Sedangkan jika Anda menggunakan ukuran pot yang tidak terlalu besar, Anda cukup menanam satu bibit ke dalam satu pot.

Perawatan kencur pun tidak begitu sulit. Siram kencur jika dirasa tanahnya sudah terlalu kering. Salah satu ciri tanaman sudah mengalami kekeringan tanah adalah daunnya yang layu dan bunganya tidak mekar atau tidak mekar sempurna. Idealnya, kencur harus disiram beberapa hari sekali.

Jika tumbuh gulma di sekitar tanaman, ambil dan singkirkan. Jika Anda tidak ingin kencur terkena serangan hama atau penyakit, Anda bisa menyemprotkan insektisida dengan dosis yang sesuai untuk ukuran tanaman dalam pot.

Baca Juga:  Impor Batal, Kementan Pacu Produksi Bawang Putih

Jenis gulma yang paling sering menyerang adalah ulat daun. Jika Anda tidak ingin memakai insektisida, Anda hanya harus cukup rutin mencari tahu apakah tanaman tersebut terdapat hama atau tidak.

Setelah 8—12 bulan, kencur sudah dapat dipanen. Cara memanennya adalah dengan memisahkan antara tanaman dengan media tanam yang digunakan. Ambil bagian daun dan bunga kencur hingga rimpang keluar seutuhnya dari dalam pot.

loading...