Bertanam Kluwih di Pekarangan

Pertanianku — Tidak banyak yang melakukan bertanam kluwih di pekarangan. Padahal, tanaman ini bisa dimanfaatkan, baik kayu maupun buahnya. Tak hanya kluwih, berbagai tanaman komersil lain juga bisa ditanam di pekarangan dan bisa dipelajari dalam buku Bertanam Sayuran Buah.

bertanam kluwih di pekarangan
Foto: pixabay

Tanaman kluwih dapat tumbuh di semua jenis tanah. Meskipun demikian, kluwih cocok ditanam pada tanah yang subur dan banyak mengandung humus. Keasaman tanah yang optimum untuk menanam pohon ini berkisar pada pH 5—6,5.

Kluwih cocok ditanam pada iklim basah. Kluwih akan berbuah lebat pada musim hujan. Tanaman yang masih berkerabat dengan nangka ini bisa ditanam pada ketinggian 1.000 mdpl. Suhu udara yang cocok agar tumbuh optimal berkisar antara 20—35°C.

Loading...

Penanaman kluwih umumnya dilakukan di pekarangan atau ladang. Meskipun bisa dikonsumsi, tanaman kluwih sangat jarang ditanam secara komersial.

Kluwih dikembangbiakkan dengan biji yang telah tua. Tunas akar dan sambungan atau enten jarang digunakan sebagai bibit. Bibit didapatkan dari menyemai biji kluwih terlebih dahulu. Penyemaian ini biasa dilakukan di dalam polibag.

Jika sudah dipersiapkan bibit yang akan digunakan, lahan juga harus disiapkan. Lahan dibersihkan dari gulma dan dibuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm × 40 cm × 50 cm. Jarak antarlubang berkisar 10—12 m.

Saluran pembuangan air atau drainase juga perlu dibuat agar tidak becek pada saat hujan. Lubang tanam kemudian diisi pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 10 hingga 20 kilogram tiap lubang.

Bibit ditanam jika tingginya sudah mencapai 60—70 cm. Setelah ditanam, bibit ditutup dengan tanah gembur sambil ditekan ke arah akar supaya pohon tidak roboh.

Pemeliharaan tanaman yang memiliki buah berduri lunak ini dilakukan dengan membersihkan gulma dan memberantas hama. Jika ingin hasil maksimal, pupuk buatan NPK dapat diberikan sebanyak 200—300 gram. Pupuk diberikan empat kali tiap tiga bulan dimulai sejak tanaman berumur tiga bulan.

Baca Juga:  Jenis Cabai untuk Memasak yang Paling Populer

Hama yang umum muncul pada tanaman kluwih adalah kutu putih. Sementara, penyakit yang kerap menyerang disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia sp. dan Phytophora palmivora. Cendawan tersebut dapat menyebabkan busuk leher akar. Cendawan tersebut dapat muncul jika kondisi penanaman sangat lembap.

Jika kluwih sudah berumur dua atau tiga tahun, buah dapat dipanen satu bulan kemudian secara selektif. Anda bisa memanennya dalam keadaan masih muda ataupun sudah tua. Buah muda bijinya masih lunak. Sementara, jika sudah tua, biji kluwih lebih besar, agak keras, dan rasanya cukup enak.

Loading...
Loading...