Bertanam Sayuran di Supermarket, Kok Bisa?


Pertanianku – Kini telah banyak supermarket yang menjual berbagai macam sayuran dan juga buah yang masih dalam keadaan segar, tak kalah dengan sayuran dan buah yang dijual di pasar tradisional. Sayuran dan buah yang biasanya kerap dijual di supermarket adalah produk organik.

Foto: pexels

Salah satu supermarket yang ada di Jerman ini sangat unik dan mungkin menjadi satu-satunya supermarket yang menjual sayuran yang langsung ditanam di dalam supermarket tersebut.

Sebuah supermarket bernama METRO membuat gebrakan dengan menjual sayur segar yang mereka tanam langsung di dalam toko. Tempat menanamnya sendiri merupakan pengembangan teknologi pertanian terbaru yang diberi nama Krauter Garten.

Krauter Garten sendiri adalah sebuah kotak kaca yang tidak terlalu besar dan dapat ditemui di salah satu gerai METRO yang berada di daerah Friedrichschain, Berlin. Kota tersebut merupakan tempat bagi supermarket untuk menanam sayuran yang diminta oleh pelanggannya.

Krautergarten sendiri dikembangkan oleh METRO dengan sebuah perusahaan teknologi pertanian asal Berlin bernama Infarm.

Krauter Garten ini tak hanya menyajikan sayuran, tetapi juga daun-daunan yang biasa digunakan sebagai bumbu seperti basil dan lain sebagainya. Kotak tersebut menggunakan sistem tanam hidroponik untuk mewujudkan sebuah tempat bertanam di dalam ruangan serta tidak membutuhkan pestisida sedikit pun.

Teknik ini dapat membuat pelanggan mendapatkan sayuran dengan tingkat kesegaran yang baik karena langsung ditanam di dalam supermarket dan dipetik ketika mereka beli.

Baca Juga:  Rutin Makan Buncis Bisa Menambah Energi
loading...
loading...