Bertanam Selada Secara Organik

Pertanianku – Seperti tanaman lainnya, selada juga dapat ditanam secara monokultur dan polikultur. Pada penanaman polikultur, di antara tanaman selada dapat ditanam daun bawang, kapri, dan lain-lain. Penanaman selada dengan daun bawang dapat dibuat dengan pola berselang-seling karena keduanya dipanen pada umur yang bersamaan.

selada

Apabila ditanam bersama kapri, selada ditanam di pinggir kapri karena selada lebih cepat dipanen.

Loading...
  1. Pengolahan Tanah dan Pembuatan Bedeng

Penggemburan tanah dilakukan dengan mencangkul atau membajak hingga kedalaman 30—40 cm. Tanah lalu dibiarkan beberapa hari agar hama dan penyakit mati terkena sinar matahari.

Bedengan dapat dibuat dengan ukuran lebar 90—100 cm dan panjang 5—10 m (tergantung keadaan lahan). Bila tanah tidak tergenang air, tinggi bedengan dibuat sekitar 20 cm. Akan tetapi, bila sering tergenang air (pada lahan sawah), tinggi bedengan dibuat sekitar 50—60 cm.

  1. Pemberian Pupuk Dasar dan Penentuan Jarak Tanam

Bedengan yang sudah siap ditabur dan dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang sekitar 10—20 ton/ha. Jika memungkinkan, bedengan disiram air larutan kompos atau limbah ternak. Bedengan baru bisa ditanami setelah 1—2 hari berikutnya. Jarak tanam yang digunakan yaitu 20—25 cm x 20—25 cm, tergantung varietasnya. Apabila selada ditanam secara polikultur dengan daun bawang, sebaiknya dibuat pola dan jarak tanam seperti gambar berikut.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung dengan Secara Organik
Loading...
Loading...