Bertani di Mars, Mungkinkah?


Tim peneliti dari universitas Wageningen di Belanda, melakukan serangkaian uji coba untuk menumbuhkan beberapa jenis tanaman dengan merekayasa kondisi tanahnya menyerupai kondisi tanah di Mars. Lingkungan serupa Mars dirancang dengan mengatur suhu dan tekanan tertentu. Tanahnya diambil dari tanah vulkanik di Hawai.

bertani di Mars

Dikutip dari Science Alert, setidaknya ada 10 jenis tanaman yang diujicobakan oleh tim riset tersebut. Kesepuluh jenis tanaman tersebut yaitu tomat, selada, daun bawang, bayam, lobak dan kacang-kacangan.

Pimpinan riset universitas Wageningen, Wieger Wamelink mengungkapkan bahwa produksi biomassa di lingkungan simulasi Mars lebih rendah dari Bumi. Hal tersebut menunjukkan bahwa planet merah itu potensial untuk bertani bila dipersiapkan dan diari dengan tepat.

Walaupun hasil riset ini belum dipublikasikan secara ilmiah karena lingkungan percobaan belum dikondisikan menerima radiasi setingkat di lingkungan Mars, tetapi hasil yang menunjukkan bahwa tanaman bisa tumbuh di lingkungan serupa Mars sendiri sudah menggembirakan.

Baca Juga:  Komitmen Kemenperin untuk Tingkatkan Nilai Tambah Karet Alam
loading...
loading...