Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula, Begini Caranya!


Pertanianku — Saat ini frekuensi konsumsi daging bebek mengalami kenaikan. Semakin populernya kuliner bebek membuat permintaan terhadap daging dari salah satu unggas ini semakin meningkat pula. Maka, dapat dikatakan prospek bisnis beternak bebek ini cukup bagus. Lantas, bagaimana cara beternak bebek pedaging untuk pemula?

beternak bebek pedaging untuk pemula
Foto: Google Image

Beternak bebek pedaging lumayan menguntungkan asal dilakukan dengan baik dan benar. Biasanya, bebek pedaging bisa dikonsumsi saat berumur 40—45 hari yang dipelihara sejak anakan umur sehari (day old duck/DOD).

Dalam aturan beternak bebek, Anda perlu memberikan pakan dan perawatan secara intens agar bebek bisa mencapai bobot yang layak dikonsumsi. Berikut ini cara beternak bebek pedaging untuk pemula supaya dapat dipanen dalam tempo maksimal 45 hari.

  1. Pemilihan Bibit

Untuk menghasilkan bebek pedaging yang layak konsumsi, maka pilihlah bibit dari bebek jantan yang gesit, bebas cacat, dan sehat. Pasalnya, pertumbuhan bebek jantan lebih cepat dan harga anakan bebek jantan lebih murah.

  1. Kandang

Kandang bebek pedaging untuk masa awal sebelum 2 minggu adalah kandang panggung agar bebek tetap hangat dan kebersihannya terjaga. Selain itu, kandang juga perlu diberikan lampu bohlam sebagai penghangat tambahan.

Setelah lebih dari 2 minggu, bebek dipindahkan ke kandang tanah, tapi perlu diberikan jerami, pasir, atau sekam di bagian alasnya sebagai penghangat. Kandang harus dibersihkan bila mulai terlihat kotor dan alas diganti dengan sekam yang baru.

Tempat memberi makan dan minum harus terpisah dengan kandang harian supaya tidak mengeluarkan bau. Bebek pedaging hanya diberi pakan dan disediakan minum pada waktunya saja. Jangan memberikan minum di kandang harian karena bisa menjadikan kandang becek dan kotor.

  1. Perawatan

Perawatan bebek pedaging pada dasarnya ialah pada pakan dan luas kandannya. Bebek perlu diberikan konsumsi yang cukup dan jangan terlalu banyak bergerak. Sebab, pergerakan yang aktif akan menyebabkan bobot bebek tidak maksimal lantaran tenaganya habis.

Baca Juga:  Daging Wagyu, Makanan Lezat yang Kaya Nutrisi

Pada ternak bebek pedaging, Anda bisa memberikan pakan buatan yang mengandung tepung bulu unggas, tepung ikan, tepung jagung, bekicot beserta tepung cangkangnya, dan bekatul. Pada anakan bebek berumur 0—2 minggu, berikan pakan starter BR 1 untuk mendukung pembentukan massa otot. Berikan pula pakan tambahan dari sayur-sayuran, daun pepaya dan batang pisang.

loading...
loading...