Beternak Cacing Sutera, Terlihat Menjijikkan Tapi Keuntungannya Menggiurkan

Pertanianku — Banyak orang yang merinding ketika melihat penampilan cacing sutera karena bentuk tubuhnya yang mengilap dan menggeliat. Namun, Anda pasti sudah tahu jika hewan kecil ini bisa membawa keuntungan yang menggiurkan. Beternak cacing sutera merupakan bidang usaha yang sudah sepatutnya dilirik karena permintaannya tidak pernah padam.

beternak cacing sutera
foto: Pertanianku

Permintaan cacing sutera umumnya datang dari kalangan breeder dan ikan hias. Meningkatkan tren ikan hias menyebabkan permintaan cacing sutera ikut meningkat.

Sebenarnya, cacing sutera sangat mudah ditemukan di selokan dan tempat-tempat berair lainnya, mulai dari yang bersih hingga kotor. Kandungan protein dalam cacing sutera cukup tinggi sehingga sangat bagus dijadikan pakan untuk ikan hias.

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya, tetapi masih dijalankan sebatas untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Selain itu, sebagian besar kegiatan usaha beternak cacing sutera masih dilakukan secara tradisional sehingga hasil yang didapatkan masih belum maksimal.

Saat ini ada cara beternak cacing sutera yang lebih efektif, yaitu dengan cara modern. Buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern terbitan Penebar Swadaya, membahas budidaya cacing sutera di lahan terbatas dengan hasil yang didapatkan lebih optimal. Selain itu, kualitas cacing sutera yang didapatkan dari tempat budidaya berbeda dengan cacing yang didapatkan dari alam bebas. Biasanya, cacing yang didapatkan dari tempat budidaya lebih terjamin kebersihannya sehingga pembeli sudah tidak perlu membersihkannya terlebih dahulu.

Cacing sutera dari alam lebih berpotensi membawa bibit penyakit seperti bakteri atau jamur. Jika tidak dibersihkan, bibit penyakit tersebut akan bersarang di dalam tubuh ikan dan membuat ikan jadi sakit.

Salah satu keunggulan dari beternak cacing sutera adalah modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Selain itu, cacing bisa dipanen setiap 10—14 hari sekali tanpa harus membeli bibit baru. Dengan begitu, modal yang dimiliki lebih cepat terputar dan keuntungan bisa datang setiap hari.

Baca Juga:  Perlengkapan Budidaya Ikan Lele yang Dapat Menunjang Keberhasilan

Harga cacing sutera hasil budidaya cenderung lebih stabil dibandingkan cacing yang ditangkap dari alam. Informasi beternak cacing secara modern yang mudah dan murah, bisa Anda temui dalam buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern terbitan Penebar Swadaya. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.