Memelihara Cupang, Hobi Yang Mendatangkan Keuntungan


Pertanianku – Siapa yang tidak kenal cupang? Ikan hias air tawar ini merupakan jenis ikan hias yang paling banyak dipilih oleh para hobiis. Oleh karena itu, tak heran bila ikan cupang mudah dijumpai menghuni akuarium-akuarium di rumah. Pada awalnya, cupang lebih dikenal sebagai ikan aduan karena di habitat aslinya cupang bersifat agresif. Bahkan, tren adu cupang dijadikan ajang kompetisi antarkelompok sehingga cupang-cupang alam diburu dan ditangkarkan demi mendapatkan cupan yang tangguh untuk aduan.

Beternak Cupang

Selain agresif, beberapa jenis cupang juga memiliki pola dan warna yang menarik pada tubuhnya. Gerakan yang anggun, warna yang indah, dan bentuk siripnya yang termodifikasi sedemikian rupa membuat cupang banyak digemari dan dicari para hobiis.

Umumnya, tujuan awal hobiis memelihara cupang memang hanya untuk menghilangkan rasa penat, jenuh, dan stres. Namun, seiring berjalannya waktu, bila ditangani dengan serius hobi ini bisa mendatangkan keuntungan. Terlebih saat ini marak sekali kontes ikan hias yang melibatkan cupang sebagai hewan kontesnya. Dengan demikian, akan ada banyak hobiis yang membutuhkan cupang untuk dipelihara sebagai ikan kontes.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...