Beternak Landak Mini di Teras Rumah

Pertanianku — Landak mini merupakan hewan kecil yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang unik. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan duri yang menyelimuti seluruh badannya. Karena keunikan tersebut, landak mini ini kerap dihargai cukup mahal. Saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha yang beternak landak mini di teras rumah.

beternak landak mini
foto: pertanianku

Selain ukurannya yang mungil, landak mini terbilang sangat jinak dan bisa dibawa bepergian. Di habitat aslinya, landak merupakan hewan yang agresif berlari kencang dan kerap masuk ke dalam tanah. Saat merasa terancam, ia akan mengembangkan durinya dan menggulung diri. Namun, hal itu berbeda dengan landak mini yang memiliki duri lebih pendek, hanya sekitar 2—5 cm, berbeda dengan duri landak biasa yang bisa mencapai 15 cm.

Duri landak mini terbilang lunak dan tidak memiliki kait sehingga lebih aman dan tidak menyebabkan luka. Orang yang beternak landak mini masih terbilang jarang, padahal harga jual landak mini cukup tinggi dan menjanjikan. Untuk memulai usaha ternak landak mini, tidak memerlukan ruangan atau lahan khusus dan luas. Anda bisa memanfaatkan salah satu ruangan di dalam rumah yang sudah tidak terpakai, seperti kamar atau gudang.

Loading...

Untuk menunjang keberhasilan ternak, Anda memerlukan sarana dan prasarana pendukung yang dapat membuat landak nyaman. Seperti halnya hamster, landak juga membutuhkan wadah pemeliharaan yang nyaman sehingga mampu berkembang biak secara optimal.

Anda dapat menggunakan berbagai macam wadah kosong, seperti baskom kotak, akuarium, atau lemari vertikal. Jumlah wadah dapat menyesuaikan jumlah landak yang akan dipelihara. Lalu, tebarkan serbuk kayu, kira-kira setebal 3 cm sebagai alas wadah. Serbuk karyu berfungsi mencegah wadah mudah kotor karena kotoran dan urine landak mini dan memudahkan untuk membersihkan kandang.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

Pakan yang diberikan untuk landak mini biasanya serangga. Namun, landak mini juga bisa diberikan pakan anjing atau pakan kucing. Anda juga dapat menggunakan ulat hongkong dan jangkrik sebagai variasi makanan. Pemberian pakan harus tepat dan sesuai. Jika ada kelebihan pakan di dalam kandang, sebaiknya cepat dibersihkan.

Landak mini hampir sama dengan hamster yang senang bermain. Anda dapat menyediakan mainan untuk landak bermain di dalam wadah pemeliharaan.

Cara pemeliharaan landak mini bisa dibilang hampir sama dengan hamster. Ia dapat berkembang biak begitu saja dengan mudah. Namun, untuk mendapatkan hasil bagus memerlukan perhatian khusus, seperti proses perkawinan dan perawatan pascamelahirkan. Induk landak sebaiknya dipilih yang sudah berumur enam bulan ke atas.

Setelah masa perkawinan, landak jantan dan betina harus dipisahkan. Hal ini untuk mengurangi risiko anak yang lahir dimakan pejantan. Induk betina yang sedang hamil akan cenderung agresif. Oleh karena itu, kurangi intensitas pembersihan kandang. Saat anak landak lahir, biarkan ia di bawah asuhan ibunya hingga 2 bulan. Baru setelah itu, dipisahkan untuk dipelihara atau dijual.

 

 

Loading...
Loading...