Beternak Lele itu Mudah, Kitanya Aja yang Bikin Repot!

Pertanianku — Lele merupakan ikan konsumsi air tawar yang sangat potensial untuk dibudidayakan. Setiap hari, permintaan terhadap ikan lele semakin meningkat. Namun sayang, kebutuhan tersebut masih belum bisa terpenuhi secara maksimal karena masih banyak yang menganggap kalau beternak lele itu sulit.

beternak lele
Foto: Dok. Pertanianku

Akan tetapi, tak sedikit pula yang menganggap bahwa budidaya lele itu mudah. Sebab, jika ditekuni dengan serius, budidaya lele ‘mudah’ ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Bahkan, ada yang benar-benar menjadikannya sebagai mata pencaharian.

Menurut seorang peternak lele sukses sekaligus YouTuber nyentrik, Wiliam Perkasa, budidaya lele itu mudah, tapi kita sendirilah yang membuatnya menjadi susah. Mengapa demikian? Karena, rata-rata orang ingin membudidayakan lele dalam jumlah besar secara langsung, tetapi ilmu dan modalnya terbatas.


Loading...

Misalnya saja, modal habis di tengah jalan setelah membuat kolam dalam jumlah besar. Akhirnya, budidaya lele pun tak berkelanjutan. Contoh lain yang membuat budidaya lele menjadi sulit, yakni setelah berhasil membuat kolam dan memenuhi kebutuan pakan, tapi pembudidaya tidak mau membeli bak sortir karena menganggapnya tidak penting.

Padahal, bak sortir adalah salah satu variabel paling penting pada usaha budidaya lele. Akhirnya, lele pun menjadi kanibal dan saling memangsa. Hasilnya, dari jumlah tabur benih sebanyak 5.000 ekor, pembudidaya hanya memanen 50 ekor saja!

William menyarankan, calon pembudidaya lele harus mengerti prinsip dasar budidaya lele terlebih dahulu. Prinsip dasar budidaya lele adalah mengetahui, memahami, mempersiapkan, dan menjalankan secara runtut berbagai ilmu pada budidaya lele yang sebenarnya cukup sederhana.

Jika sudah memahami prinsip dasar budidaya lele, diharapkan calon pembudidaya memiliki gambaran utuh mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan apa yang harus dilakukan selama melakukan kegiatan budidaya tersebut. Dengan begitu, pembudidaya tidak merasa bingung di kala proses budidaya itu berlangsung. Pembudidaya juga tidak akan kehabisan modal dan berhenti di tengah jalan.

Baca Juga:  Racik Sendiri Pakan Lele Alternatif
Loading...
Loading...